Saturday, 1 December 2018

Tuntutan Jaksa Aneh, Terdakwa BB Sabu 3,2 Kg 18 Tahun, Tapi yang 1,6 Kg dituntut 19 Tahun


Ilustrasi. (F/Ist)
Dinamika Kepri, Batam - Tampaknya kini hukum di indonesia logikannya sudah terbalik, karena semakin banyak jumlah Barang Bukti (BB), maka makin ringan pula tuntutan hukuman akan yang dituntutkan oleh jaksa penuntut terhadap setiap terdakwa dipersidangan.

Buktinya, saat sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Yuni alias Cece perkara Narkotika dengan BB sabu seberat 1.640 gram (1,6 Kg) di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Kamis (29/11), dihadapan majelis hakim, jaksa penuntut Samsul Sitinjak menuntut terdakwa Yuni alias Cece 19 tahun penjara denda Rp1miliar subsidair 6 bulan penjara.

Sementara di sidang tuntutan terdakwa lain, di hari yang sama dan majelis hakim yang sama, terdakwa Nurdin bin Hamid yang jumlah BB sabunya lebih banyak 3.210 gram (3,2 Kg) lebih banyak dibandingkan BB Yuni, malah dituntut jaksa Samsul Sitinjak 18 tahun penjara denda Rp 1miliar subsidair 6 bulan penjara.

Terhadap tuntutan jaksa tersebut, maka bisa disimpulkan, dengan lebih banyak BB sabunya maka akan lebih ringan pula tuntutannya.

Pasal yang digunakan terhadap kedua terdakwa juga sama, yakni dengan menggunakan dakwaan primair pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, akan tetapi terdakwa yang lebih banyak BB sabunya malah lebih ringan tuntutannya ketimbang BB sabunya yang sidikit.

Terkait hal itu, Jumat (30/11/2018) sore, ketika awak media ini mencoba mengkonfirmasi ke jaksa Samsul Sintinjak melalui ponselnya, Ia tidak   mengangkatnya.

Tak hanya itu, di Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Batam, tuntutan terhadap kedua terdakwa itu juga telah dicantumkan, di mana terdakwa Yuni alias Cece Nomor Perkara: 726/Pid.Sus/2018/PN Btm, dituntut 19 tahun dan Nurdin bin Hamid Nomor Perkara: 729/Pid.Sus/2018/PN Btm, dituntut 18 tahun.(Ag)