Thursday, 29 November 2018

TNI AL Tambah Kapal, Wakasal Kukuhkan Dua Komandan


Wakasal Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito saat mengukuhkan Mayor Laut (P) Maladi Hanjayani dikukuhkan sebagai Komandan KAL Kadet V-06 dan Mayor Laut (P) Hariz Sandy Wibowo sebagai Komandan KAL Kadet V-07, di Dermaga PT. Karimun Anugrah Sejati, Kamis (29/11).

Dinamika Kepri, Karimun - Dua unit Kapal Angkatan Laut (KAL), KAL Kadet V-06 dan KAL Kadet V-07 akan menambah jumlah kekuatan unsur-unsur di TNI Angkatan Laut, di mana setelah dua Kapal buatan dari PT. Karimun Anugrah Sejati resmi menyerahterimakan kepada TNI Angkatan Laut. Penyerahan kedua KAL itu dilakukan di Dermaga PT. Karimun Anugrah Sejati, Batam, Kamis (29/11).

Penandatangan berita acara serah terima kedua KAL tersebut disaksikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito dari Direktur PT. Karimun Anugrah Sejati, Jacky Sucipto kepada TNI Angkatan Laut diwakili Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama TNI Prasetya Nugraha.

Selanjutnya dari Kadisadal diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi diwakili Paban 1 renslog  Kolonel Laut (T) Udyatmiko, yang kemudian diserahkan kepada Gubernur AAL Laksda TNI Muhammad Ali diwakili Wagub AAL Brigadir Jenderal (Mar) Nuri Adrianis Djatmika untuk digunakan sebagai kapal latih Taruna/Taruni AAL.

Foto bersama usai kegiatan.
Usai pelaksanaan serah terima kedua KAL tersebut, kegiatan dirangkai dengan pengukuhan Komandan Kapal dalam suatu upacara dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito dimana Mayor Laut (P) Maladi Hanjayani dikukuhkan sebagai Komandan KAL Kadet V-06 dan Mayor Laut (P) Hariz Sandy Wibowo sebagai Komandan KAL Kadet V-07.

Dalam kata sambutannya, Wakasal mengatakan bahwa pengadaan KAL Kadet V-06 dan Kadet V-07 merupakan salah satu kegiatan yang telah diprogramkan sesuai perencanaan strategis TNI Angkatan Laut guna melengkapi kekuatan unsur-unsur yang telah ada dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran vokasi di lingkungan Akademi Angkatan Laut.

“KAL ini terbuat dari bahan metal yang akan lebih baik dibandingkan dengan produk sebelumnya yang menggunakan bahan fiber," ujar Wakasal

Wakasal berharap keberadaan 2 KAL Kadet Latih ini dapat meningkatkan kualitas latihan praktek Taruna di laut dan memberikan kontribusi langsung kepada proses belajar dan latihan di AAL dalam rangka meningkatkan porsi pembelajaran praktek pada kurikulum pendidikan sehingga diharapkan seluruh Taruna akan lulus menjadi Perwira TNI AL yang terlatih, terdidik dan diperlengkapi dengan baik.

Sementara kepada Komandan Kapal, Laksamana bintang tiga ini menginstruksikan untuk senantiasa memelihara dan mengoperasikan KAL ini sebaik mungkin agar dapat berfungsi optimal sesuai fungsi asasinya dan mencapai usia pakai yang diharapkan sebagai wujud kepercayaan yang diberikan rakyat kepada TNI Angkatan Laut. 

KAL Latih 45 M produksi PT. Karimun Anugrah Sejati merupakan KAL Khusus yang didesain dan diperuntukkan agar dapat melaksanakan tugas sebagai kapal latih Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) guna melaksanakan tugas-tugas khusus dalam mendukung Program Pelaksanaan Pendidikan (Prolakdis) AAL,  Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan (Jarlatsuh).

Kapal Angkatan Laut (KAL) tesebut memiliki spesifikasi panjang 48,6 meter, lebar 7,9, tinggi 4,25 meter, kecepatan maksimum 18 knot dengan kemampuan berlayar selama 4 hari dan diawaki 23 ABK.

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain Irops Irjenal, Kadismatal, Kadisadal, Wagub AAL, Danlantamal IV, Danguskamlaarmada I, Dirlog AAL, Dirdik AAL dan Wakil Ketua Umum Jalasenastri. (Ril).