Thursday, 29 November 2018

Hari ini Putusan 4 Terdakwa 1,037 Ton Sabu Dibacakan


Wajah para terdakwa (baju merah) saat menunggu sidang di PN Batam.

Dinamika Kepri, Batam - Sesuai jadwal yang sudah ditentukan majelis hakim, hari ini pada pukul 12:00 WIB, 4 orang terdakwa WNA asal Cina, Chen Chung Nan, Chen Chin Tun, Huang Ching Nan dan Hsieh Lai Fu perkara 1,037 ton sabu dari kapal MV. Sunrise Glory yang sebelumnya dituntut jaksa penuntut hukuman mati, putusannya akan dibacakan majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Kamis (29/11/2018).

Di agenda tuntutan pada hari Selasa tanggal 30 Oktober 2018 lalu dengan majelis hakim diketuai hakim Candra, jaksa penuntut menyatakan ke-4 terdakwa telah terbukti melakukan tindak pidana, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 114 ayat (2) jo. Pasal 132 ayat (1)  UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan menuntut para terdakwa hukuman mati.

Ditututan Jaksa, para terdakwa dinyatakan terbukti bersalah, namun di pledoi yang dibacakan Penasehat Hukum (PH) terdakwa, tidak bersalah meminta majelis hakim agar membebaskan para terdakwa.

Begitu juga pada replik dan dupliknya, Jaksa penuntut dan PH terdakwa, pada intinya tetap sama-sama mempertahankan tuntutan dan  pembelaannya.

Namun apapun itu, walau Jaksa penuntut dan PH terdakwa tidak sepaham dalam perkara ini, tetap hakim yang menentukan untuk memutuskan hasil perkaranya, karena hakim adalah wakil Tuhan di muka bumi.

Pada prinsipnya, dalam memutuskan suatu perkara, peranan hakim memvonis bersalah setiap terdakwa tujuannya bukanlah untuk membalaskan dendam melainkan untuk memberikan efek jera dengan tujuan agar terdakwa tidak mengulangi kesalahan yang sama di hari yang akan datang.

Kembali ke perkara 1,037 ton sabu ini, timbul pertanyaan, seperti apa hasil putusan nantinya? Apakah para terdakwa akan divonis sesuai tuntutan jaksa penuntut, ataukah sebaliknya, menerima nota pembelaan dari PH terdakwa?

Atau mungkin hakim punya pendapat lain? Karena mengingat bangsa ini tengah giatnya memerangi  peredaran Narkotika di seluruh indonesia untuk menyelamatkan generasi muda.

Tak hanya itu, perkara ini juga tengah menjadi perhatian publik dan menunggu seperti apa hasil putusannya.

Sebelumnya para terdakwa tersebut ditangkap personel KRI Sigurot 864 di bawah kendali Guskamlabar TNI Angkatan Laut dari atas kapal Sunrise Glory saat melintas di Selat Philip perairan Batam, Kepri.

Para terdakwa diamankan karena saat diperiksa petugas, di dalam kapal ditemukan Narkotika golongan satu jenis sabu seberat 1,037 ton.(Ag)