Thursday, 18 October 2018

Soal Status Perpanjangan Penahanan Erlina, PH: Saya Belum Terima Surat Resminya


Surat permohonan perpanjangan penahanan terdakwa Erlina dari Pengadilan Negeri Batam ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

Dinamika Kepri, Batam - Sampai saat ini status penahanan terdakwa Erlina belum jelas, karena pihak terdakwa maupun Penasehat Hukum (PH) terdakwa, Manuel P Tampubolon belum menerima surat resmi penetapan perpanjangan penahanan dari Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

"Sampai saat ini kami belum menerima surat resmi penetapan penahanan terdakwa Erlina dari Pengadilan Tinggi Pekanbaru," jawab Manuel P Tampubolon kepada media ini ketika dikonfirmasi, Kamis (18/10/2018) sore.

Menurutnya, dengan tidak adanya surat resmi penahanan dari Pengadilan Tinggi sejak pukul 00:00 Wib hari Selasa tanggal 16 Oktober 2018 lalu, terdakwa Erlina harusnya sudah dibebaskan demi hukum.

Kata dia, adapun surat yang sudah diterimanya saat ini hanyalah surat permohonan perpanjangan penahanan dari Pengadilan Negeri (PN) Batam.

Mengenai ketidakadanya surat resmi penahanan itu, siang tadi PH terdakwa mengaku telah melakukan pertemuan dengan Mulyani Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Perempuan Kelas IIB Batam.

"Sama, dari hasil pertemuan tadi, Kalapas ke saya juga menjawab sampai saat ini pihaknya belum menerima surat resmi penetapan perpanjangan penahanan itu," ujar Manuel.

Ketika dikonfirmasi tentang benar tidaknya pertemuan itu ke Kalapas Perempuan Kelas IIB Batam, Mulyani membenarkannya.

"Benar, tadi PH terdakwa Erlina datang menemui saya untuk menanyakan surat resmi penetapan perpanjangan penahanan terdakwa," jawab Mulyani singkat melalui ponsel selularnya.(Ag)