Friday, 5 October 2018

Sambut Hari Bakti, BP Batam Gelar Baksos Bersihkan Telinga


Suasana kegiatan Baksos. Dokter tengah membersihkan telinga seorang anak.

Dinamika Kepri, Batam - Menyambut Hari Bakti Badan Pengusahaan (BP) Batam ke-47 tahun, Rumah Sakit (RS) BP Batam menggelar Bakti Sosial (Baksos) pelayanan kesehatan gratis  bersih - bersih telinga kepada masyarakat Batam.

Kegiatan Baksos ini dilakukan di Gedung RSBP Batam, Sekupang, Jumat (5/10).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara RSBP dengan Alumni Fakultas Kedokteran UGM ‘84, PERHATI Batam dan PGPKT Batam.

Adapun tujuan Baksos ini dilakukan yakni untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, utamanya di bidang kesehatan telinga.

Jumlah pasien yang mendaftar pada Baksos ini tercatat mencapai 200 pasien dan dokter yang menangani berjumlah 13 dokter.

Kegiatan dilakukan secara gratis atau tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha, Dwianto Eko Winaryo dalam sambutan dan arahannya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak utamanya dokter sukarelawan yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk kegiatan tersebut.

Menurutnya, BP Batam merupakan bagian tidak terpisahkan dari masyarakat kota Batam.

“Diusianya yang ke 47 ini BP Batam ingin berterima kasih kepada masyarakat dengan memberikan kontribusi kerja nyata berupa bakti sosial yang kegiatannya tidak hanya berupa bersih telinga melainkan pengobatan gratis, sunatan massal, operasi bibir sumbing, donor darah dan kerja bakti semoga kegiatan itu dapat member manfaat bagi masyarakat di kota Batam,” kata Eko.

"Melalui bersih bersih telinga harapannya masyarakat yang hadir semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan telinga. Tim Dokter RSBP Batam juga kami minta untuk responsive dan pro aktif sehingga setiap keluhan kesehatan masyarakat dapat ditangani dengan cepat dan tepat," lanjutnya.

Sementara itu, ketua rombongan sukarelawan tenaga medis DR. Iwan setiawan Sp THT KL menjelaskan, kata dia, keikutsertaan pihaknya dalam bakti sosial tersebut adalah suatu upaya untuk mendorong kesadaran dalam memelihara dan mejaga kesehatan masyarakat.

"Kami senang karena bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat, khususnya baksos bersih telinga yang saat ini sedang berlangsung. Ini sebagai upaya mengedukasi masyarakat tentang kesehatan Telinga. Salah satu organ indera yang penting ini sering luput dari perhatian kita dan bila tidak dibersihkan dengan cara yang bener dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius.” ucapnya.

Untuk itu ia menghimbau baik kepada masyarakat maupun tenaga kesehatan hendaknya menjadi pionir bagi diri sendiri untuk senantiasa hidup sehat dimulai dari diri sendiri.

Santi warga Tiban salah satu pasien baksos bersih telinga mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas diselenggarakan kegiatasn baksos oleh RSBP Batam.

Menurut Santi,  kegiatan ini sangat membantu dirinya dan masyarakat lain.

"Saya merasakan adanya penyakit di Telinga. Dengan adanya pengobatan gratis saya bisa mengecek kesehatan Telinga saya. Ini sangat membantu masyarakat,” ujarnya.

Setelah ini, selanjutnya RSBP Batam akan melaksanakan sejumlah kegiatan baksos lainnya diantaranya Sunatan Masal pada 6 Oktober 2018, Operasi bibir sumbing pada 12-13 Oktober 2018 di hari yang sama juga donor darah pada 12 Oktober 2018 dan 26 Oktober 2018 dan dapat mengunungi custumer care RSBP Batam di nomor 322121, 321122 dan 085318638838.(Ril/BP)