Saturday, 6 October 2018

Ratusan Masyarakat Banjiri Pameran Lanudal di Tanjungpinang


Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE., MM saat menyapa para Veteran.

Dinamika Kepri, Tanjungpinang -Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang, dibanjiri pengunjung ratusan masyarakat untuk menyakasikan Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista).

Bunyi sirene yang panjang di pangkalan udara tersebut menandakan Pameran Alutsista resmi dibuka Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Jumat (5/10).

Berbagai perlengkapan perang di gelar dalam pameran tersebut mulai dari pesawat udara, helikopter, meriam dan miniatur KRI dan KAL, senjata laras panjang dan pendek, pelontar mortil, kendaraan taktis sampai kepada pakain seragam yang digunakan prajurit TNI.

Dalam kegiatan itu, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal)  IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE mengatakan kegiatan itu bagian dari HUT TNI ke 73.

Saat Gubernur Kepri Nurdin Basirun memberikan kata sambutan.
"Pameran Alutsista hari ini sengaja dibuka selesai perayaan parade dan defile HUT Ke 73 TNI. Kegiatan ini bagian dari rangkaian rencana garis besar perayaan HUT TNI tahun 2018 di Kepri dan di Indonesia," katanya.

Menurutnya, pemeran alutsista itu akan digelar selama 3 hari.

"Alutsista yang dipamerkan ini berasal dari uang rakyat yang dibelanjakan oleh negara untuk membeli Alutsita,  jadi ini milik masyarakat dan TNI hanya sebagai pengawak serta pengawas saja jadi silahkan lihat dan datang supaya anak-anak bangsa dapat mengetahuinya," katanya.

"Disini digelar berbagai macam Alutsista, ada kapal perang,  helikopter dan pesawat udara serta Alutsista lainnya fungsinya apa, untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Alutsista yang dimiliki TNI khususnya di Wilayah Kepri," lanjutnya.

TNI  bersama rakyat kuat dan tak terkalahkan,  serta  profesionalisme untuk rakyat.

TNI berlatih dan  terus berlatih menjadi profesional, dengan tujuan  untuk melindungi rakyat termasuk dalam menghadapi musibah bencana alam seperti yang terjadi di Palu dan Donggala.


Eko juga menyebutkan, pihaknya bersama pemerintah telah menyediakan transportasi bus yang di sebar di beberapa titik bagi masyarakat yang akan  menyaksikan pameran ini. Selain pameran Alutsita pihaknya juga menyelenggarakan festival band untuk anak-anak  pelajar SMA di Tanjungpinang.

"Kami wadahi dengan festival band supaya mereka tidak liar dan tidak terprovokasi  dengan kegiatan lain dan kita salurkan di sini," katanya.

Dalam  rangkaian kegiatan HUT Ke 73 TNI tidak hanya kegiatan pameran ini saja tetapi masih terdapat beberpa kegiatan lain diantaranya fun run dan fun bike yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 14 Oktober yang akan datang.

Pameran Alutsista yang dibuka Gubernur Provinsi Kepri tersebut, selain dihadiri Danlantamal IV juga dihadiri Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlanud RHF Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan, serta seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kepri dan seluruh pejabat TNI dan Polri yang ada di Kepri. (Ril)