Tuesday, 30 October 2018

Nahkoda dan ABK MV. Min Liang Yuyun Pengangkut Sabu 1,6 Ton Sabu Dituntut Hukuman Mati


Sidang agenda tuntutan 4 terdakwa 1,6 ton sabu di PN Batam, Selasa (30/10) sore.

Dinamika Kepri, Batam - Empat orang terdakwa Warga Negara Asing (WNA) asal Cina, Chen Hui, Chen Yi, Chen Mais Heng dan Yao Yin Fa, perkara Narkotika jenis sabu seberat 1,6 ton yang sebelumnya ditangkap oleh Tim Gabungan Satgassus Polri, Direktorat IV Tipidnarkoba, Bea Cukai Pusat dan Bea Cukai Batam dari Kapal MV Min Liang Yuyun  KM 61870 saat melintas di perairan Pulau Pemping Kota Batam (Kepri), dituntut hukuman mati.

Tuntutan hukuman maksimal itu dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kajari Batam, Dedie Tri Hariyadi didampingi jaksa penuntut lainnya saat sidang ke-4 terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Selasa (30/10/2018) sore.

Oleh JPU, ke-4 terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan perbuatan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Terhadap tuntutan maksimal itu, penasehat hukum para terdakwa kepada majelis hakim yang dipimpin oleh hakim Candra mengatakan, akan melakukan pembelaan.

Usai itu, selanjutnya hakim Candra mengundur sidang hingga 2 pekan ke depan dengan agenda untuk mendengarkan pembelaan (pledoi) dari penasehat hukum terdakwa.(Ag)