Tuesday, 9 October 2018

Mengerikan! Diduga Takut Bersaksi di Sidang, Bambang Herianto Pelapor Erlina Pilih Menghilang


Suasana sidang lanjutan terdakwa Erlina di PN Batam, Selasa (9/10/2018).

Dinamika Kepri, Batam - Sidang lanjutan agenda pemeriksaan saksi pada sidang terdakwa Erlina perkara dugaan penggelapan dalam jabatan kerugian Rp 4  juta yang dituduhkan pihak BPR Agra Dhana yang dalam dakwaan jaksa kerugian Rp 117 juta, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Selasa (9/10) siang.

Namun sayang, lanjutan sidang terdakwa Erlina ini makin lanjut makin mumet saja alurnya. Kendati sidang sempat digelar, namun berakhir dengan penundaan, lantaran saksi fakta (pelapor=red) Bambang Herianto tidak dapat dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di dalam persidangan.

Baca juga: Hakim Perintahkan Jaksa Jemput Paksa Mantan Manager Marketing BPR Agra Dhana

Ketidakhadiran saksi pelapor dalam sidang perkara ini, membuat pengunjung sidang bertanya-tanya bingung seribu bahasa enggan tuk bertanya.

Atas ketidakhadiran saksi, kepada majelis hakim yang diketuai hakim Mangapul Manalu, jaksa Samsul Sitinjak menjelaskan bahwasanya saksi Bambang Harianto sudah 1 tahun ini, tidak lagi tinggal di alamat tinggalnya.

Untuk menguatkan pernyataan itu, jaksa  Samsul Sintijak kepada hakim lalu menunjukan surat pernyataan yang keluarkan oleh kelurahan Baloi Indah, Batam.

"Kami sudah berungkali melakukan pemanggilan terhadap saksi yang mulia, namun saksi tidak hadir. Selain itu, menurut surat yang dikeluarkan oleh RT dengan diketahui RW dan Kelurahan Baloi Indah, saksi sudah satu tahun tidak lagi tinggal di alamatnya. Kami juga sudah berupaya meminta tolong ke penyidik agar saksi bisa ditemukan," kata jaksa Samsul Sitinjak ke majelis hakim.

Baca jugaSaksi Jerry Diamond Komisaris BPR Agra Dhana Bantah Surat Dakwaan JPU dan Akui tidak ada Izin dari BI

Anehnya lagi, jaksa malah meminta tolong ke Penasehat Hukum terdakwa, Manuel P Tampubolon agar ikut membantu untuk menghadirkan saksi Bambang Harianto di sidang berikutnya.

Atas ketidakhadiran saksi pelapor dalam sidang ini, hakim Mangapul Manalu lalu menanyakan tanggapan dari PH terdakwa.

"Kalau majelis hakim memutuskan sidang tetap berlanjut tanpa pelapor, maka keputusan itu saya serahkan kepada majelis hakim," jawab Manuel P Tampubolon ke Majelis hakim.

Setelah mendengar jawaban itu, hakim Mangapul lalu menunda sidang satu minggu ke depan, Selasa tanggal 16 Oktober 2018 dengan agenda pemeriksaan saksi fakta dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Afif Alfarisi dan mendengarkan keterangan ahli, Muhammad Rizki.

Baca juga: Otak-atik Rekening Nasabah Tampa Izin BI, Saksi Juni Crasin CS Bank Panin Terancam Masuk Bui

Pantuan media ini dalam sidang, terkesan ada yang aneh, kata jaksa saksi sudah 1 tahun tidak lagi tinggal di alamatnya sesuai dengan surat yang dikeluarkan RT di tempat tinggal saksi.

Padahal di dalam BAP selama dua kali pemeriksaan saksi yang dilakukan penyidik terhadap Bambang Harianto pada bulan Februari dan Mei 2018, dituliskan di BAP tersebut, saksi masih di alamat yang sama.

Miris dan mengerihkan, kendati sudah memenjarakan anak orang, Bambang Herianto selaku pelapor dari pihak BPR Agra Dhana itu diduga malah takut bersaksi di persidangan terdakwa Erlina, dan memilih menghilang alias kabur entah kemana.(Ag)