Monday, 29 October 2018

Lantamal IV Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90


Dinamika Kepri, Tanjungpinang -Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-90 tahun 2018 dengan melaksanakan upacara bendera.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). Senin (29/10).

Upacara peringatan tersebut dipimpin inspektur upacara Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Arief Mediyanto dan dihadiri Pejabat Lantamal IV mulai dari Asisten Danlantamal IV, Kepala Dinas serta Kepala Satuan di Lantamal IV serta diikuti prajurit dan Pegawai Negeri Sipil dari Mako Lantamal IV, Wing Udara 2, Lanudal TPI, dan Yonmarhanlan IV TPI.

Upacara peringatan tersebut diawali dengan penaikan Bendera Merah Putih dilanjutkan dengan Pembacaan Pancsila, UUD 1945 dan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 serta pembacaan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI oleh inspektur upacara.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aspotmar Danlantamal IV antara lain mengatakan, Hari Sumpah Pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.

Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, kewirausahaan kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Selanjutnya Menpora mengatakan, kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primodial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa maka tugas pemuda saat ini adalah harus sangup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian duia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," baca Aspotmar) Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Arief Mediyanto.(Ril)