Wednesday, 3 October 2018

Lantamal IV Lakukan Pembekalan Intelijen

 

Foto bersama para peserta pembekalan Ilmu Dasar Intelijen.
Dinamika Kepri, Tanjungpinang -Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, melalui Staf Intelijen (Sintel) Lantamal IV melakukan Pembekalan Ilmu Dasar Intelijen kepada personel pengawak Pos Angkatan Laut (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) yang berada di jajaran Lantamal IV.

Kegiatan pembekalan ini berlangsung di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (2/10).

Pembekalan Ilmu Dasar Intelijen yang dilaksanakan sehari tersebut diikuti 32 peserta dan dibuka Asintel Danlantamal IV Kolonel Laut (S) Tatang.

Pada kesempatan tersebut Asintel Danlantamal IV antara lain mengatakan, tujuan dilaksanakan pembekalan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi Posal/Posmat sebagai pengindera dini dan pemgumpulan data intelijen maritim, sehingga dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

"Keberadaan Posal dan Posmat adalah sebagai mata dan telinga fungsi intelijen, dimana pemilihan pendiriannya juga berdasarkan atas lokasi yang trategis serta pertimbangan fungsi ekalasi ancaman yang mungkin terjadi, sehingga diharapkan segala sesuatu yang yang terjadi dilingkup kerja Posal/Posmat bisa diawasi, dimonitor dan dilaporkan secara cepat, tepat dan relevan kepada Staf Intelijen," ujar Asintel Danlantamal IV.

Dalam pembekalan tersebut para peserta diberikan beberapa materi diantaranya tentang Pengantar Intelijen oleh Mayor Laut (P) Toha, Peran dan Tupoksi Posal oleh Mayor Laut (T) Edy Surya Harahap, Peredaran Narkoba Lewat Laut oleh Mayor Laut (P) M. Ichlas Thamsi dan Foto Jurnalistik oleh Kadsipen Lantamal IV Mayor Laut (KH) M. Samuel Pontoh serta Pemberdayaan Postensi Maritim oleh Aspotmar Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Arief Mediyanto.

Sebelum Pembekalan Ilmu Dasar Intelijen ditutup, Paban Ren Sintel Lantamal IV Letkol Laut (K) Karimudin, para peserta juga sempat menerima pengarahan yang disampaikan Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si tentang Pemberdayaan Posal/Posmat untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas kedepan. (Ril)