Thursday, 18 October 2018

F1QR Lantamal IV Kembali Amankan Satu Orang Terduga Pelaku Pencurian di Kapal SL. Lay Vessel 108


Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE .,MM saat memberikan keterangan pers terkait penangkapan inisal Y di Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban, Bintan, Kepri, Kamis (18/10).

Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV melalui Unit I Kejahatan dan Kekerasan di Laut (Jatanrasla) kembali berhasil menangkap inisial Y salah satu dari empat target buruan terduga pelaku pencurian di atas Kapal Kargo SL. Lay Vessel 108.

"Penangkapan inisial Y ini dilakukan pada Rabu 17 Oktober 2018 pukul 12:15 Wib di Batam," terang Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau. Kamis (18/10).

Lebih lanjut, Danlantamal IV menyampaikan tertangkapnya Y merupakan hasil pengembangan dari rekannya R yang lebih dahulu tertangkap Unit I Jatanrasla F1QR Lantamal IV bersama dengan barang bukti speed boat yang digunakan komplotannya untuk melalukan aksi pencurain serta barang-barang hasil curian dari Kapal Kargo SL. Lay Vessel 108 pada Kamis  11 Oktober 2018 sekira pukul 18.15 WIB di salah satu rumah penduduk yang berjarak 500 meter dari rumah R di Pulau Akar Kelurahan Setoko Kecamatan, Bulang Batam.

Tertangkapnya Y berkat adanya informasi intelijen yang diperoleh Unit I Jatanrasla F1QR Lantamal IV bahwa Y akan menemui temannya di Bundaran Perumahan Griya Permai Batuaji Batam. Selanjutnya proses penyergapan disiapkan dengan menempatkan personel Unit I Jatanrasla F1QR.

Kata dia, usaha tersebut membuahkan hasil dan Y pun muncul di lokasi tersebut dengan menggunakan sepeda motor dan langsung di ringkus Unit I Jatanrasla F1QR Lantamal IV.

Meskipun Y sempat melarikan diri kearah perumahan warga Griya Permai Batuaji Batam, namun karena kesigapan Unit I Jatanrasla F1QR Lanrtamal IV akhirnya Y bisa ditangkap.

Menurut pengakuan Y bahwa sebelum melakukan pencurian komplotan mereka yang terdiri dari R dan Y (sudah tertangkap) serta ketiga temannya masing-masing berinisial K, F dan A bertemu di tempat kost F, selanjutnya membahas dan merencakan pencurian terhadap kapal-kapal yang berada di Batuampar dengan terlebih dahulu dilakukan pembagian tugas mulai dari bagian yang memantau, bagian yang menaiki kapal dan bagian yang mengemudikan speed boat.

Dari pengakuan Y juga bahwa sebelum beraksi komplotan tersebut terlebih dahulu menggunaka  narkoba jenis shabu.

Selanjutnya untuk proses pengembangan serta pemeriksaan lanjutan Y sementara ditahan di Markas Tim Intelijen Lantamal IV. (Ril)