Monday, 1 October 2018

Di Hari Kesaktian Pancasila 34 Perwira di Lantamal IV Terima Kenaikan Pangkat


Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno (kiri) pimpin prosesi Kenkat 34 Perwira, di Mako Lantamal IV, Tanjungpinang, Kepri, Senin (1/10/2018).

Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Di hari kesaktian Pancasila, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE memberikan Kenaikan Pangkat (Kenkat) kepada 34 orang perwira di Lantamal IV periode 1 Oktober 2018.

Kegiatan Kenkat ini berlangsung di Loby Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No.1, Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (1/10).

Tercatat sebanyak 34 orang Perwira Lantamal IV yang memperoleh kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2018, diantaranya dari Letnan Kolonel (Letkol) ke Kolonel 1 orang, dari Mayor ke Letkol 6 orang, dari Kapten ke Mayor 7 orang, dari Letnan Satu (Lettu) ke Kapten 3 orang, dan dari Letnan Satu ke Lettu 17 orang.

Danlantamal IV  mengatakan, Kenkat di lingkungan TN AL sangat terkait erat dengan promosi jabatan dan juga perupakan bagian dari sistem pembinaan personel.

"Kenkat sangat terkait erat dengan promosi jabatan. Kenkat bukan sesuatu yang otomatis datang sesuai masa kerja, tetapi juga merupakan penghargaan atas kerja keras dan dedikasi untuk mengembangkan organisasi," kata Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE.,MM.

"Disamping itu Kenkat juga merupakan amanah yang harus diwujudkan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan job description masing-masing," lanjutnya.

Lebih lanjut Danlantamal IV menyampaikan, pintanya para perwira selalu dituntut untuk dapat mewujudkan identitas atau jati dirinya sebagai prajurit atau jati dirinya sebagai prajurit yang benar-benar memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapa Wajib TNI serta Tri Sila TNI AL.

Identitas tersebut ditampilkan dalam wujud sosok pribadi yang selalu dapat menjadi suri tauladan dalam meningkatkan motivasi dan semangat pengabdian anak buahnya.

"Para perwira juga dituntut untuk senantiasa meningkatkan kapasitasnya agar mampu berkiprah di kancah internasional, sehingga disejajarkan dengan kemampuan Angkatan Laut kelas dunia yang menjadi visi dan misi TNI AL," tutupnya.

Upacara Kenkat ini juga dihadiri Wadan Lantamal IV, Para Asisten Danlantamal IV, Kakuwil dan Dansatrol Lantamal IV, Para Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan yang berada di lingkungan Lantamal IV. (Ril)