Wednesday, 26 September 2018

Sidang Tuntutan Terdakwa Tjipta Fudjiarta Ditunda Hingga 17 Oktober 2018


Foto sidang Tjipta Fudjiarta beberapa waktu lalu di PN Batam.

Dinamika Kepri, Batam - Sidang agenda tuntutan terdakwa Tjipta Fudjiarta kembali ditunda, Rabu (26/9).

Sidang pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap terdakwa, akan dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2018 mendatang, demikian hakim Yona Lamerossa Ketaren menjadwalkan sidang itu saat membuka sesaat persidangan.

Baca juga: Kejari Batam Didemo Minta Tjipta Fudjiarta Dituntut Hukuman Berat, Filpan: Kami tidak ada Kepentingan dalam Perkara itu

Adapun pengunduran agenda sidang ini dikarenakan adanya pergantian ketua majelis hakim sidang dari Tumpal Sagala ke Taufik Nenggolan, yang mana saat ini, Tumpal Sagala yang memimpin jalannya sidang terdakwa Tjipta Fudjiarta telah pindah tugas ke Pontianak, Kalimantan Barat. Sedangkan Taufik Nenggolan, sedang cuti dinas.

Hakim Yona Lamerossa Ketaren.
Padahal sebelum pindah tugas, Tumpal Sagala yang kini telah menjabat Ketua Pengadilan Negeri di Pontianak, sudah menjadwalkan sidang terdakwa Tjipta Fudjiarta, harus selesai di bulan September 2018 sebelum ia pindah tugas.

Baca jugaKepada Hakim Terdakwa Tjipta Fudjiarta Mengaku Menyesal Membeli Saham dari Conti Candra

Diduga lambannya JPU membuat tuntutan terhadap terdakwa, sehingga membuat perkara ini terus berlarut-larut hingga tak kunjung usai.

Dalam perkara ini, oleh JPU sebelumnya, terdakwa Tjipta Fudjiarta dijerat pasal berlapis pasal 378 KUHP tentang penipuan, pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan pasal 266 tentang pemalsuan surat-surat terhadap akta otentik dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara.(Ag)