Friday, 14 September 2018

Miras, Balpres, Elektronik dan Spare Part Mobil Ternyata Bebas Keluar dari Pelabuhan Domestik Sekupang, Ini Kata ABK Batam Jet 6


Tumpukan kardus berisi Miras di dalam kapal MV.Batam Jet 6 tujuan Dumai, tersusun rapi, Jumat (14/9).

Dinamika Kepri, Dumai - ABK kapal Feri MV. Batam Jet 6 kepada awak media ini mengakui jika sebagian barang yang mereka bawa dari Batam menuju Dumai, ternyata bukan hanya milik penumpang, tetapi ada juga membawa barang kiriman.

" Ini barang kiriman bang. Biasanya ada barang elektronik, Minuman Keras (Miras) berbagai merek, Spare Part Mobil maupun Balpres. Tujuan pengiriman biasanya ke Medan," ujar Iwan ABK MV.Batam Jet 6, Jumat (14/9) saat di atas kapal.
Ia juga mengatakan, bukan hanya Kapal Batam Jet 6 yang sering membawa kiriman seperti barang tersebut.

"Kalau dari Batam, semua kapal membawa kiriman barang seperti ini. Bahkan setiap hari," kata Iwan memastikan.

Ketika awak media ini menanyakan bagaimana cara memasukannya barang-barang itu ke dalam kapal, sementara penjagaan di pintu keberangkatan di Pelabuhan Domestik Sekupang terlihat bergitu ketat, jawab  Iwan tidak tahu.

"Enggak tahu juga bang gimana cara mereka (pemilik barang=red) bisa memasukan barang ini sampai ke kapal.   Mungkin pandai-pandai pemilik baranglah dengan petugas Bea Cukai (BC) di sana. Tapi setahu saya ada juga yang membayar cukainya," terang Iwan.

Ketika ditanya lagi ke Iwan, apakah kapal tempatnya bekerja itu kapal barang atau kapal penumpang, Iwan tak langsung menjawabnya dan berpikir sejenak.

" Ya, kapal penumpanglah bang," ucapnya singkat sembari pergi.

Tumpukan barang di atas kapal.
Pantuan awak media ini di atas kapal MV. Batam Jet 6 tujuan Dumai, tampak kardus ukuran besar tersusun rapi di atas kapal.

Tak hanya di atas kapal. Di dalam ruang kapal dekat pintu masuk penumpang juga terlihat kardus-kardus tersusun rapi yang mana pengakuan Iwan berisikan Miras.

Dan anehnya, setelah awak media ini mempertanyakan susunan kardus itu, ABK langsung menyembunyikannya ke ruang palka kapal.

Ketika awak media ini melakukan konfirmasi ke Humas BC Batam Raden Evy Suhartantio terkait hal itu, Raden Evy mengatakan dipastikan dahulu apa isinya.

"Untuk barang-barang tersebut harus jelas apa isinya. Untuk barang-barang Larangan Terbatas (Lartas), barang bawaan penumpang hanya bisa membawa satu liter Miras, tembakau iris 250 gram atau rokok 200 batang," jawab Raden Evy via selularnya.

Terkait barang-barang kiriman tersebut, sampai berita ini dimuat pada 14: 20 Wib, awak media ini masih berusaha melakukan konfirmasi ke Kapten kapal MV. Batam Jet 6.(Ag)