Monday, 10 September 2018

HUT TNI AL ke-73 di Kepri, Lantamal IV Lakukan Upacara, Terima Piagam Hingga Tabur Bunga


Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno, SE pimpin upacara HUT TNI AL ke-73 di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal lV, Senin (10/9).

Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Memperingati hari jadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang ke-73, seluruh jajaran Lantamal IV Tanjungpinang, Kepri melakukan upacara peringatan di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal lV, Senin (10/9).

Pada upacara ini, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE yang memimpin jalannya upacara mengatakan, bahwa  upacara tersebut memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut.

"Pelaksanaan upacara hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 September 1945 adalah merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan ini," kata Danlantamal saat membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Danlantamal IV  menyematkan dan memberikan piagam tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan 8, 16 dan 24 tahun kepada tiga orang perwakilan personel dari Lantamal IV.
Baca Danlantamal, menurut Kasal perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis dewasa ini, memilki implikasi yang cukup signifikas dalampenyelenggaraan pertahanan Negara.

Kecenderungan lingkungan strategis semakin sulit diprediksi kerena ketidakteraturan dan ketidakstabilan. Dinamika yang perlu dicermati dalam kurun waktu lima tahun kedepa diantaranya pertumbuhan ekonomi yang berimplikasi pada perkembangan kekuatan militer khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Dinamika ini sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman yang semakin kompleks dan mulitidimensional, berupa ancaman militer, ancaman non militer dan ancaman hibrida yang dapat dikategorikan dalam bentuk ancaman nyata dan belum nyata.

Danlantamal IV melakukan tabur bunga di makam pahlawan.
Oleh karena itu, menjadi TNI Angkatan Laut yang professional  dan mendukung Alutsista modern merupakan keniscayaan untuk menghadapi dinamika ancaman tersebut, demikian tulis Kasal Siwi Sukma Adji dibacakan Danlantamal IV pada upacara tersebut.

Saat prosesi upacara, Danlantamal IV juga menyematkan dan memberikan piagam tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan 8, 16 dan 24 tahun kepada tiga orang perwakilan personel dari Lantamal IV berpakangkat Tamtama dan Bintara.

Peringatan upacara tersebut dihadiri Wadan Lantamal IV, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Karumkital Dr. Midiyato Suratani, Komandan Wing Udara 2, Komandan Lanudal TPI serta diikuti seluruh personel Lantamal IV mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil serta Yonmarhanlan IV TPI dan Pramuka Saka Bahari dan Purnawiran TNI AL yang berada di Tanjungpinang.

Sebelum pelaksanaan upacara peringatan di Mako Lantamal IV dan masih dalam rangkain peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut ke-73 tahun 2018, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno juga memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bakti Tanjugpinang.

Pada ziarah itu, turut dihadiri Wadan Lantamal IV, para pejabat Lantamal IV, Ketua beserta Pengurus Korab IV DJA I dan diikuti seluruh personel baik militer maupun PNS Lantamal IV.

Kegiatan ziarah tersebut diawali dengan peletakan karangan bunga, penghormatan kepada arwah pahlanwan mengheningkan cipta dan berdoa diakhir dengan tabur bunga di pusara para pahlawan yang dilakukan Danlantamal IV dan seluruh peserta ziarah. (Ril)