Friday, 14 September 2018

Danlantamal IV Pimpin Pantukhir Daerah Calon Prajurit TNI AL

 

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE., MM saat mengamati salah satu calon prajurit sebelum melakukan penilaian.

Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE memimpin jalannya Penilaian Pantauan Akhir (Pantukhir) Daerah terhadap 28 orang Calon Prajurit TNI Angkatan Laut yang melakukan pendaftaran di Panitia Daerah (Panda) Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Yos Sudarso Markas Komando Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau. Kamis (14/9).

Danlantamal IV pada kegiatan itu mengatakan, bahwa kegiatan Pantukhir itu adalah sebagai salah satu fungsi strategis untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Kegiatan ini merupakan momen penting untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk dibentuk dan dikembangkan menjadi prajurit yang professional bermoral dan berani. Karenanya, hanya prajurit yang memilki integritas dan komitmen dan jati diri yang kokoh yang dapat meningkatkan performa TNI AL di masa yang akan datang," ujar Danlantamal IV R.Eko Suyatno, SE.

Kegiatan Pantukhir tersebut diawali dengan laporan pelaksanaan selama proses seleksi Calon Prajurit TNI AL 2018 Gelombang II oleh Sekretaris Panitia Daerah (Panda) Tanjungpinang Aspers Danlantamal IV Kolonel Laut (KH) Dede Komarudin, dilanjutkan dengan arahan Danlantamal IV Tanjungpinang selaku Ketua Panda Daerah dan pengecekan ulang oleh panitia terhadap hasil yang diperoleh dari 28 orang peserta Pantukhir.

Ke-28 Calon Prajurit TNI Angkatan Laut yang mengikuti seleksi penerimaan tahap II ini terdiri dari Calon Bintara Pria 13 orang, Calon Bintara Wanita 5 orang dan Calon Tamtama 10 orang.

Sebelum sampai ketahap Pantukhir para calon telah melewati beberapa tahapan seleksi mulai dari administrasi, kesehatan tahap I dan II, kesemaptaan jasmani, mental idiologi dan psikologi.

Pantukhir ini merupakan seleksi tahap akhir yang harus dilalui seluruh calon dan setelah dinyatakan lolos oleh Panda Tanjungpinang selanjutnya akan diberangkatkan mengikuti seleksi tingkat pusat di Lembaga Penyedian Tenaga Angkatan Laut Malang.

Pantukhir tersebut dihadiri Wadan Lantamal IV, Asintel dan Aspers Danlantamal IV, Kadiskes serta Kadisminpers Lantamal IV. (Ril)