Saturday, 4 August 2018

Terdakwa Cai Fung Dugaan Hasil Konspirasi Jahat, Dituntut JPU 4 Tahun 6 Bulan Penjara


Sidang terdakwa Cai Fung saat agenda mendengarkan keterangan saksi di PN Batam.

Dinamika Kepri, Batam - Terdakwa Cai Fung terdakwa kasus dugaan penggelapan dana perusahaan anak perusahaan Mega Star Ltd di PT. Laut Mas senilai 2 juta Singapur dolar, dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) 4 tahun 6 bulan penjara.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 374
KUHPidana Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHPidana, terdakwa terbukti bersalah dituntut 4 tahun 6 bulan penjara,” ucap JPU, Arie Prasetyo, Kamis(02/08).

Usai mendengar tuntutan dari JPU, oleh majelis hakim Ketua DR Syahlan SH.,MH didampingi dua hakim anggota, selanjutnya menjadwalkan sidang berikutnya untuk mendegarkan pledoi dari PH terdakwa Cai Fung.

Menurut pengakuan terdakwa Cai Fung dalam sidang, bahwa ia sama sekali tidak pernah melakukan penggelapan uang sebanyak itu.

Kendati ia mengakui salah pernah memakai uang perusahaan untuk biaya oprasional, namun tidak pernah menggelap uang perusahaan sebegitu banyak.

Ada dugaan, kesalahan sedikit dilakukan terdakwa telah diazas mamfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan di Megastar Shipping Pte Ltd bergerak di bidang expedisi barang Batam- Singapore maupun di PT. Laut Mas untuk mengkambing hitamkannya.

Dari keterangan para saksi-saksi di sidang sebelumnya, ada dugaan terdakwa tersebut adalah merupakan korban para mafia asing yang diduga ingin berusaha menggelapkan pajak perusahaan PT. Laut Mas di Batam.

“Dugaan konspirasi untuk mengorbankan terdakwa ini sangat rapi. Mereka perusahaan asing mengais rupiah di negara kita diduga sengaja membuat agen di Batam untuk menghindari pajak, dan saat ini kabarnya sudah dilaporkan ke dinas pajak,” kata RD, PH saat mendampingi terdakwa usai sidang.(Ag)