Wednesday, 1 August 2018

Lihat Honorer ini, Plat Nopol Mobil Dinas Digonta-gantinya, Ada Dugaan Baru Digunakan Angkut Penumpang Via Online


Pegawai honorer Pemko Batam tampak melakukan ganti plat Nopol Mobil dinas dari warna hitam ke merah di parkiran DPRD Batam, Rabu (1/8) siang.

Dinamika Kepri, Batam - Tidak taat aturan, kendati Walikota Batam sudah mengeluarkan larangan untuk tidak lagi mengganti-ganti plat nomor polisi (Nopol) mobil dinas dilingkungan Pemko Batam, namun masih ada saja oknum pegawai yang masih melakukannya.

Terpantau awak media ini, terlihat di lokasi parkiran DPRD Kota Batam pada Rabu (1/8) siang, tampak seorang pegawai berpakaian dinas honorer tampak sedang asyik mengganti plat Nopol mobil dinas dari plat hitam ke plat merah.

Ketika ditanya awak media ini, kenapa plat mobil dinas itu digantinya, jawab pegawai honorer itu katanya mobil itu mau diverfikasi.

"Oh ya, mobil ini mau diverifikasi mas," jawabnya singkat.

Mobil dinas pemerintah adalah mobil yang dibeli memakai uang rakyat.

Plat Nopol bagian belakang sebelum diganti ke plat merah.
Mobil yang dibeli memakai uang rakyat, pastinya akan dipasangi plat merah, dan tak jarang mobil dinas juga kerap dijadikan oleh banyak oknum pejabat seperti milik pribadinya dengan mengganti plat Nopolnya diduga dengan tujuannya agar tidak ketahuan masyarakat.

Memakai mobil seperti milik pribadi, namun tagihan biaya perawatan dan tagihan bahan bakar kendaraan sehari-harinya masuk ke pemerintah.

Terkait adanya gonta-ganti plat Nopol mobil dinas di lokasi parkiran DPRD Batam itu, ketika dikonfirmasi awak media ini ke Kabag Humas dan Protokol Pemko Batam, Yudi Admajianto menjawabnya, bahwa tindakan semacam itu sudah dilarang keras oleh Walikota Batam.

" Tindakan itu tidak bisa karena Walikota melalui Sekretaris Daerah (Sekda) sebelumnya sudah mengeluarkan larangan agar siapapun tidak lagi mengganti-ganti plat Nopol mobil dinas yang ada lingkungan Pemko Batam. Intinya itu tidak bisa dan sudah dilarang," jawab Yudi.

Ada dugaan mobil dinas milik Pemko Batam yang baru saja diganti plat nopolnya itu terdaftar di aplikasi online pemesanan pengangkut penumpang.(Ag)