Wednesday, 8 August 2018

Di Nota Pembelaan, PH Menyimpulkan Terdakwa Cai Fung Tidak Bersalah


Terdakwa Cai Fung (kiri) saat menjalani sidang di PN Batam.

Dinamika Kepri, Batam - Sidang lanjutan terdakwa Cai Fung dalam perkara dugaan penggelapan jabatan di PT.Laut Mas, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Selasa (7/8) siang.

Pada sidang agenda pembacaan nota pembelaan (pledoi) terhadap terdakwa ini, Penasehat Hukum (PH) terdakwa, Tantimin, SH dan rekan menyimpulkan bahwa setelah mendengarkan semua keterangan para saksi di sidang-sidang sebelumnya, terdakwa Cai Fung tidak berasalah, dan meminta agar terdakwa dibebaskan.

"Setelah mendengarkan semua keterangan para saksi, kami menyimpulkan bahwa terdakwa Cai Fung tidak terbukti bersalah dan menyakinkan secara sah bahwa apa yang telah didakwakan terhadap terdakwa, tidak benar," baca Tantimin.

Adapun dasar terdakwa disebut tidak bersalah, karena barang bukti yang disebut telah merugikan perusahaan Mega Star Ltd senilai SGD 1.947.815,54 (Singapur dollar=red) tidak pernah ada, hanya berupa catatan, sedangkan barang bukti uangnya tidak pernah ada.

Selain itu, PH terdakwa juga membacakan bahwa isi BAP para saksi adalah hasil copy paste.

Tak hanya itu, EE Min Kiat Alias Steven EE sebagai pemilik dan Megastar disebut dalam pledoi telah merampok perusahaannya sendiri dan untuk menutupi perbuatannya dengan menumbalkan atau mengorbankan terdakwa dengan jeratan melakukan penggelapan.

"Terdakwa dipilih sebagai tumbal apalagi didukung dengan realitanya bahwa PT. Laut Mas dan Megastar  tidak pernah melakukan pembukuan sesuai dengan prinsip st├índar akuntansi keuangan dan tidak pernah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pertanggungjawaban Direksi PT. Laut Mas," baca Tantimin.

Kepada majelis hakim yang dipimpin oleh hakim Syahlan, Tim PH terdakwa menyampaikan permohonannya agar berkenan menjatuhkan putusan yang seadil-adilnya terhadap terdakwa karena unsur- unsur dakwaan primair Pasal 374 KUHPidana Jo. Pasal 64 KUHPidana, dakwaan subsidair Pasal 372 KUHPidana Jo. Pasal 64 KUHPidana, atau Dakwaan Kedua Pasal 378 KUHPidana Jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana tidaklah terbukti.

Setelah usai mendengar nota pembelaan terhadap terdakwa, hakim Syahlan kembali menjadwalkan sidang berikutnya.

Sebelumnya terhadap terdakwa Cai Fung, oleh JPU Arie Prasetyo, terdakwa dituntut hukuman 4 tahun dan 6 bulan penjara.(Ag)