Monday, 27 August 2018

Danlantamal IV Buka Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2


Danlantamal IV TNI R. Eko Suyatno, SE pimpin kegiatan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 di Mako Lantamal IV, Tanjungpinang, Senin (27/8).

Dinamika Kepri, Tanjungpinang -  Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE hari ini membuka pelaksanaan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 di Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). Senin (27/8).

Uji Terampil Glagapur P1 dan P2 tersebut dilaksanakan di Mako Lantamal IV tersebut akan dinilai tim penilai dari Komando Latihan Koarmada (Kolat Koarmada) I yang dipimpin Komandan Kolat (Dankolat) Koarmada I Kolonel Laut (P) Fauzi, SE bersama 12 anggota tim yang terdirdi dari lima orang Perwira Menengah, satu orang  Perwira Pertama dan enam orang Bintara.

"Kegiatan uji terampil Glagaspur P1 dan P2 ini dilaksanakan setiap tahun dan merupakan evalusasi dari tahun sebelumnya sehingga akan menambah pengetahuan dan wawasan bagi personel Lantamal IV dan jajaran, sehingga dalam pelaksanaan di lapangan akan dapat terlaksana dengan baik dan lancar," kata  Danlantamal IV.

"Untuk itu dalam pelaksanaan kegiatan uji terampil Glasgapur P1 dan P2 diharapkan ada perbaikan dan koreksi serta bimbingan dari tim uji terampil Kolat Koarmada I," lanjutnya.

Sementara itu, Dankolat Koarmada I dalam kesempatan yang sama juga mengatakan, bahwa uji terampil Glagaspur Tingkat I/P1 merupakan salah satu fungsi komando yang dilaksanakan untuk menyentuh tingkat kesiapan pangkalan TNI Angkatan Laut.

"Uji terampil Glagaspur P1 dan P2 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan masing-masing bagian, sedangkan uji terampil Glagaspur Tingkat II/P2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan bersama-sama baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi," ujar Dankolat Koarmada I.

"Melalui upaya pengukuran tingkat kesiapan dan profesi tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkat kesiapan operasional satuan khususnya pangkalan," lanjutnya.

Pembukaan uji terampil tersebut dihadiri Para Asisten Danlantamal IV, Kakuwil Lantamal IV, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan yang berada di Lingkugan Mako Lantamal IV. (Ril)