Monday, 2 July 2018

Saksi Hasan Mangkir, Sidang Terdakwa Tjipta Fudjiarta Ditunda


Terdakwa Tjipta Fudjiarta.

Dinamika Kepri, Batam - Sidang terdakwa Tjipta Fudjiarta perkara kasus dugaan penggelapan dan pemalsuan surat-surat akta otentik Hotel BCC, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Senin (2/7).

Kendati sempat digelar, namun sidang yang dipimpin oleh Hakim Tumpal Sagala, SH ini akhirnya ditunda karena saksi Hasan selaku pemegang saham di Hotel BCC sebelumnya, tidak hadir.

Baca juga: Dinilai Kontroversi, Hakim Perintahkan JPU Panggil Kembali Seluruh Saksi

Ketidakhadiran saksi Hasan ini, saksi juga mengirimkan surat kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Samsul Sitinjak SH, dan surat itu dibacakan Hakim dalam persidangan.

"Karena saksi tidak bisa hadir, maka sidang ini hari ini ditunda dan akan  dilakukan kembali pada tanggal 9 Juli 2018," kata Hakim Tumpal Sagala.

Di dalam surat saksi Hasan, dibacakann hakim, saksi Hasan menuliskan akan hadir di sidang berikutnya tanggal 16 Juli 2018. Namun hakim menjadwalkan lebih cepat tanggal 9 Juli 2018.

Baca juga: Sidang Polemik BCC Hotel, Jaksa Dakwa Tjipta Pujiarta 7 Tahun Penjara

Kepada Penasehat Hukum (PH) terdakwa Hendie Devitra, SH, hakim Tumpal juga meminta agar disidang berikutnya, PH terdakwa siap untuk melakukan konfontir dari keterangan para saksi.

Dalam perkara ini, oleh JPU terdakwa dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 378 KUHP tentang penipuan, pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan pasal 266 tentang pemalsuan surat-surat terhadap akta otentik, dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara.(Ag)

#BCC Hotel