Monday, 28 May 2018

Notaris Angly Cenggana Batal Bersaksi Disidang Tjipta Fudjiarta


Saksi Notaris, Angly Cenggana saat menghadiri persidangan .

Dinamika Kepri, Batam - Sidang agenda pemeriksaan terhadap saksi Notaris, Angly Cenggana terkait Hotel BCC & Residence dengan Tjipta Fudjiarta, terpaksa ditunda oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam, lantaran surat izin yang dikeluarkan oleh Majelis Kehormatan Notaris (MKN) untuk persidangan, tidak memenuhi prosedur.

Surat izin Notaris untuk bersaksi yang dikeluarkan oleh Majelis Kehormatan Notaris (MKN) pada sidang itu tidak ditulis diatas kertas, melainkan dikirim melalui lewat WhatsApp (WA).

"Izinya ada yang mulia, tapi dikirim lewat WA," ujar Jaksa yang menangani kasus perkara terdakwa Tjipta Fudjiarta, Senin (28/5/2018).

Mendengar itu, Hakim Tumpal Sagala menolak lalu menunda sidang hingga pada minggu depan.

"Itu tidak bisa, persidangan ini harus sesuai prosedural. Suratnya harus tertulis dan disampaikan ke majelis hakim, begitulah prosedurnya. Jadi sidang kita tunda pada persidangan berikutnya yakni tanggal 4 Juni 2018 mendatang," kata Hakim Tumpal Sagala sembari mengetuk palu.

Dalam perkara ini, terdakwa Tjipta Fudjiarta sebelumnya didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan pasal berlapis yakni pasal pertama 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang penipuan atau kedua Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang pengelapan dan kedua Pasal 266 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang pemalsuan surat dengan ancaman hukuman terancam 7 tahun penjara. (Red/Ag)