Friday, 25 May 2018

Link Berita Berjudul "Media Abal-abal" yang Sempat Buat Heboh Tak Bisa Dibuka Lagi


Berita hasil pencarian Google. 
Dinamika Kepri, Batam - Media online Riau1.com pemosting berita media abal-abal yang sempat membuat heboh dunia jagad maya, akhirnya menghilangkan berita judul media abal-abal tersebut dari laman webnya.

Berita itu diposting pada hari Senin tanggal 21 Mei 2018, lalu dihilangkan pada hari Jumat 25 Mei 2018 dimana setelah 2 jam media online www.wartasulsel.net mengadopsi dan kembali memberitakan berita tersebut.

"Bukan dihapus, berita itu hanya dipending sementara karena masih menunggu klarifikasi. Berita itu diposting berdasarkan dari informasi yang beredar di media WhastApp (WA)," ucap seorang wanita dari pihak Riau1.com menjawab saat dikonfirmasi media ini, Jumat (25/5/2018) sore.

Tampilan link berita dengan pemberitahuan error

Tindakan Riau1.com yang berkantor di Pekanbaru ini mencabut berita terindikasi menyalahi etika jurnarlistik.

Sesuai Rancangan Pedoman Pemberitaan Media Siber Tentang Pencabutan Berita dari Dewan Pers menyebutkan bahwa berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut, kecuali berdasarkan pertimbangan khusus yang ditetapkan Dewan Pers.

Berita yang salah dan atau berita bohong wajib dicabut media siber yang bersangkutan maupun media siber lain yang menyebarluaskan. Namun sebelum pencabutan berita itu dilakukan, terlebih dahulu harus diumumkan kepada publik disertai dengan alasannya mengapa berita harus dicabut.

"Bukan dihapus, Iya nanti akan saya sampaikan kepada pihak media agar berita itu kembali ditampilkan," tutupnya

Di Kota Batam sendiri, berita tersebut juga sempat heboh jadi pembahasan di media sosial WA, sebab dari 319 nama Media online yang dicantumkan itu, ada beberapa nama media berkantor di Batam.

Dan lebih parahnya lagi telah mencatut nama seorang aktivis di Batam dengan menuliskan nama Aldi seakan-akan Garda Indonesia nama media online.(Ag)