Monday, 23 April 2018

Soal Kompetensi, AT: Saya Tidak Ada Menyebutkan Kata 'Wartawan', Itu Fitnah Opini Penulis untuk Memprovokasi

 

Ilustrasi.

Dinamika Kepri,  Batam - Menanggapi tentang maraknya pemberitaan di media online yang menyebutkan wartawan akan mendemo salah seorang anggota Dewan Batam berinisial AT lantaran menyebutkan kontrol sosial harus memiliki 'standar kompetensi', kepada media ini ketika dikonfirmasi, AT mengatakan bahwa apa yang disampaikannya pada balas komentar Whatsapp (WA) pada salah salah seorang wartawan media online adalah pendapat umum.

Mengenai pemberitaan tersebut, bagi AT katanya berita itu adalah sebuah fitnah karena dirinya sama sekali tidak pernah menyebutkan suatu kalangan apalagi kata wartawan.

" Yang saya sampaikan itu pendapat umum. Dalam komentar saya, tidak ada menyebutkan kata "wartawan". Beliau (penulis berita=red) saja yang menambahkan opini kata wartawan itu. Dugaan saya itu ditambahinya  bertujuan untuk memprovokasi wartawan yang lain. Sekali lagi saya katakan dengan tegas, bahwa saya tidak ada menyebutkan wartawan," balas AT via Whatsapp (WA) nya,  Senin (23/4/2018) sore.

Menurutnya, artinya siapa yang memiliki kompetensi? ialah semua pihak yang berwenang, termasuk masyarakat.

Kata dia,  siapa saja boleh menjadi kontrol sosial, tapi harus punya tujuan membangun demi kepentingan masyarakat umum.

"Saya berbicara secara umum dan tidak ada menyebut kalangan tertentu. Oleh karena itu saya tetap pada koridor dan mekanisme dalam menyampaikan pendapat. Intinya saya harus mengatakan bahwa profesi wartawan dan jurnalis itu mulia, karena juga berperan memberikan pencerahan dan turut serta mencerdaskan bangsa," balasnya lagi.

Sebelum mengakhiri,  AT menambahkan
bahwa berita yang sudah tersiar di masyarakat itu adalah sebuah tuduhan yang menyudutkan bagi dirinya.

" Berita itu saya anggap sebuah fitnah dan tendensius, bahkan provokatif," tutup AT.

Dari penelusuran awak media ini, berita itu timbul diduga rentetan dari berita sebelumnya yakni pemberitaan tentang pembangunan semenisasi jalan di Sagulung, Batam, beberapa waktu yang lalu. (Ag)