Saturday, 21 April 2018

HUT Kopaska Ke-56, Kasal Resmikan Lapangan Tembak Satkopaska Koarmabar


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi saat memberikan keterangan kepada media. 
Dinamika Kepri, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., meresmikan Lapangan Tembak Pistol “Susilo Dwi Hedianto” di Mako Satuan Komando Pasukan Katak Komando Armada RI Kawasan Barat (Satkopaska Koarmabar), Pondok Dayung Jakarta Utara, Jumat (20/4).

Peresmian tersebut sekaligus dalam rangka peringatan HUT Kopaska Ke-56.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-56 kali ini, Satkopaska Koarmabar melaksanakannya secara sederhana dengan menggelar tasyakuran.

Acara tersebut dihadiri Wakasal Laksamana Madya TNI A. Taufiq R, para Pejabat Utama TNI AL, para Paglima Kotama TNI AL, para Sesepuh Keluarga Besar Kopaska TNI AL dan Keluarga dari Almarhum Susilo Dwi Hedianto.


Kegiatan diawali dengan pembukaan, pembacaan riwayat hidup singkat, peresmian lapangan tembak dan penandatanganan prasasti oleh Kasal.

Pada kesempatan tersebut, Kasal beserta para rombongan juga melaksanakan uji coba latihan menembak di Lapangan Tembak Pistol “Susilo Dwi Hedianto”. Seusai peresmian lapangan tembak  dilanjutkan dengan demonstrasi Beladiri Libre, Aikido, dan beladiri Merpati Putih.

Komando Pasukan Katak adalah pasukan khusus dari TNI Angkatan Laut yang memiliki Semboyan "Tan Hana Wighna Tan Sirna" yang berarti "tak ada rintangan yang tak dapat diatasi". Korps ini secara resmi didirikan pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno.

Tugas utama dari pasukan ini adalah peledakan/demolisi bawah air termasuk sabotase/penyerangan rahasia ke kapal lawan dan sabotase pangkalan musuh, torpedo berjiwa (kamikaze), penghancuran instalasi bawah air, pengintaian, mempersiapkan pantai pendaratan untuk operasi amfibi yang lebih besar serta antiteror di laut/maritime counter terorisme.

Sejak kelahirannya, Pasukan Katak TNI Angkatan Laut telah banyak mengukir prestasi, dan menjadi catatan panjang dalam sejarah perjuangan TNI Angkatan Laut. Berbagai latihan, penugasan, tantangan, hambatan dan ancaman dapat di hadapi serta dilewati, sehingga sampai dengan saat ini Kopaska masih bisa eksis dalam mengemban tugas tugas-tugas TNI dan TNI Angkatan Laut pada khususnya. Selain itu Pasukan Katak juga dilibatkan secara aktif dalam kegiatan “peace keeping operation”, dan kegiatan-kegiatan Operasi Militer Selain Perang yaitu bantuan kemanusiaan, survey bawah laut, operasi SAR, dan pengambilan harta karun dari dasar laut.(Ril)