Saturday, 7 April 2018

Berkat Bantuan CSR PLN Batam, Rosmalina Bayi Tampa Anus Dioperasi


Dinamika Kepri,  Batam - Seorang anak bernama Rosmalina Nurhalizah, putri dari pasangan Ahmad Dicky (22) dan Lis Trisnawati (34) yang terlahir tanpa lubang anus (atresia ani) sebulan lalu, kini akhirnya dapat menjalani operasi pertamanya dengan selamat di RSOB Sekupang, Batam, Sabtu (7/4/2018).

Menurut Kepala Perawat RSBP Batam, Susi, operasi tahap pertama tersebut berhasil selamat, namun hanyalah bersifat sementara.

“ Hasil operasi ini masih bersifat sementara, karena kelak jika si anak tersebut sudah beranjak besar, maka usus panjangnya akan ditarik, dan usus tersebut sudah dekat dengan lubang anus, baru dibuatkan anus di tempat semestinya,” terang Susi.

Lanjut Susi, katanya pada saat dilakukan pengecekan pada anus, usus si anak jauh dari lubang anus. Maka itu harus dibuatkan anus buatan, atau orangtua dapat meminta kepada dokter untuk segera dilakukan kolostomi atau pembuatan lubang buatan di bagian bawah perut untuk membuang kotoran yang ada di dalam tubuh si anak.

Rosmalina dioperasi dengan selamat tanpa ada kendala. Semua biaya operasinya dibayar oleh pihak PLN Batam yakni melalui program CSR peduli sosial bright PLN Batam.

Supervisor Corporate Social Responsibility (CSR) bright PLN Batam Suprianto menuturkan bahwa bantuan tersebut ialah merupakan sarana CSR dari PLN Batam.

"Bantuan ini dari CSR program sosial bright PLN Batam, khusus diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Suprianto.

Menurut Suprianto, informasi tentang Rosmalina mereka dapatkan dari media dan dari media sosial.

" Kabar Rosmalina ini kami dapatkan dari media cetak, media online dan media sosial. Terimakasih kepada teman-teman Organisasi Pelopor Pergerakan Perwata Publik Wajah Bangsa (P4WB) yang telah memberikan informasi ini sehingga dapat kami survey dan memang layak untuk dibantu,” ujar Suprianto.

Menurutnya, selaku supervisor Corporate Social Responsibility (CSR) bright PLN Batam, dalam menyalurkan CSR kepada masyarakat, pihaknya juga tidak menunggu, melainkan mencari masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan bantuan.

Melihat anaknya selamat dioperasi, Ibu si bayi yang bernama Lis, juga tak luput mengucapkan terimakasihnya kepada pihak PLN Batam yang juga hadir saat itu di RSOB.

"Saya sangat bersyukur. Bantuan ini sangat berarti bagi kami, mungkin tanpa bantuan ini, kami belum bisa melakukan operasi pada Rosmalia. Alhamdulillah sekarang operasinya sudah selesai dan kami pun sudah diperbolehkan pulang.Terimakasih kepada PLN Batam," kata Lis sembari berlinang air mata.(Ril)