Monday, 26 March 2018

Polda Kepri Gelar Tradisi Penyambutan kepada 227 Bintara Remaja

 

 Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi tengah memandikan air bunga kepada salah seorang personil Bintara Remaja.

Dinamika Kepri, Batam - Polda Kepri melaksanakan tradisi penyambutan kepada Bintara Remaja Diktuk Brigadir T.A. 2017/2018,  Senin (26/3/2018).

Kegiatan ini diawali dengan Long March para Bintara Remaja dimulai dari Lapangan Perumahan Odessa menuju Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri.

Selanjutnya para Bintara Remaja berlari menuju Polda Kepri hingga ke lapangan Sepak Bola Polda Kepri.

Upacara tradisi penyambutan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH didampingi oleh Wakapolda Kepri dan dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Kepri, para perwira, Bintara, serta Bintara Remaja Polri berjumlah 227 personil polisi laki-laki dan 15 orang polisi wanita (Polwan).

Dalam amanatnya, Kapolda Kepri menyampaikan tradisi penyambutan Brigadir Remaja merupakan awal dari proses pelaksanaan pembinaan karir dan bertujuan untuk mempererat jiwa Korps Bhayangkara bagi personel polri yang baru menyelesaikan pendidikan pada lemdik, agar dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu diperoleh dikesatuan kewilayahan, dengan materi yang diterima di SPN bisa diterapkan dimana nanti bertugas.

Para personil Bintara Remaja Diktuk Brigadir T.A. 2017/2018.
Pembinaan personel tersebut akan melalui suatu sistem Tour Of Duty Dan Tour Of Area, dengan memperhatikan dinamika organisasi dan perkembangan situasi diluar organisasi yang semakin kompleks.

Lanjut Kapolda, untuk menghadapi dinamika potensi kriminalitas di wilayah hukum Polda Kepri, diharapkan mampu mengakomodir semua fenomena dan gejala yang timbul dengan menampilkan suatu struktur organisasi yang kuat dengan dilandasi suatu pemikiran yang profesional, bermoral, dan modern.

Wujud tampilan ini dapat dimunculkan untuk membawa organisasi sebagai sebuah institusi birokrasi yang berorientasi kepada pelayanan masyarakat dan mampu menyelaraskan diri dengan dinamika perubahan dalam masyarakat.

Kondisi ini merupakan tantangan bagi Polri agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. Kita harus mampu membaca situasi kapan kita harus menjadi sosok yang santun dan kapan kita harus menjadi sosok yang tegas.

Polri diera modern ini juga harus mampu membaca situasi perkembangan media yang dapat membuat Psikologis massa berubah mengikuti perkembangan informasi yang terdapat didalamnya.

Sejalan dengan program Promoter Kapolri, perlunya kemampuan Polri dalam memanagemen media, baik media konvensional maupun media sosial, dengan kemampuan memanagemen media, kita akan mampu merubah psikologis massa terhadap Polri, dengan cara mengekspos terus berita positif tentang Polri dan mengcounter berita negatif Polri.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya titip kepada para Pejabat Utama, para perwira dan Bintara Mentor untuk senantiasa menularkan ilmu-ilmu yang positif, untuk menjadikan Bintara Remaja ini menjadi Bintara Remaja yang Smart, baik dari segi pengetahuan (afektif), sikap prilaku (kognitif), dan keterampilan (psikomoterik), agar mampu menghadapi tantangan pada era ini," kata Kapolda Kepri.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolda juga berpesan kepada seluruh Bintara agar meningkatkan keimanan bertanggung jawab dan disiplin.

"Saya berpesan kepada seluruh Bintara Remaja Diktuk Brigadir T.A. 2017/2018 agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan Profesionalisme Polri dengan berpegang teguh pada Tribrata, Catur Prasetya sebagai jati diri insan Bhayangkara, jaga kekompakan dan kebersamaan serta tanamkan kesetia kawanan yang positif sesama anggota dan laksanakan tugas dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab serta disiplin," tutup Kapolda mengakhiri.

Setelah usai menyampaikan amanatnya,  Kapolda melanjutkan acara pemandian bunga kepada para Bintara. (Ril)