Friday, 23 March 2018

Perlunya Menjaga Aset Perusahaan, bright PLN Batam Lakukan Gotong Royong


Pegawai bright PLN Batam melakukan gotong royong di Gedung Arsip di Gudang Distribusi dan PLTD Batu Ampar, Jumat (23/3/2018) pagi.

Dinamika Kepri, Batam - Menyadari pentingnya menjaga aset dengan baik,  perusahaan bright PLN Batam melakukan kegiatan senam sehat dan gotong royong dan pembersihan aset milik bright PLN Batam di area Gedung Arsip, Gudang Distribusi dan PLTD Batu Ampar, Jumat (23/3/2018) pagi.

Dalam kegiatan ini, sebanyak lebih dari 150 pegawai bright PLN Batam dari seluruh unit yang tersebar di Batam, turut berpartisipasi dan mengawalinya dengan senam sehat.

Setelah para peserta segar bugar kegiatan gotong royong (goro) pembersihan aset bright PLN Batam dibuka secara langsung Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha bright PLN Batam, Buyung Abdul Zalal.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan situasi kerja atau lingkungan kerja yang bersih sehat dan nyaman, terutama di PLTD Batu Ampar. Mengingat disini asset kita sangat banyak namun belum tertata dengan baik. Jadi melalui momen ini mari kita tingkatkan budaya bersih dan rapi, karena jika bersih rapi pasti sehat, kalau sehat pasti kita bekerja dengan optimal, dan akhirnya apabila kita bekerja dengan optimal pelayanan kepada pelanggan pasti akan meningkat,” papar Buyung.

Buyung juga menambahkan, kata dia berkaca dari kasus kecelakaan seperti gudang-gudang penyimpanan arsip yang terbakar dapat dihindari jika aset dijaga dan ditata dengan rapi serta bersih.

"Mudah-mudahanan dengan kegiatan gotong royong pembersihan aset ini dapat menghindarkan kita dari kecelakaan kerja, sehingga penerapan Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) terjamin. Semoga kegiatan ini juga meningkatkan rasa kebersamaan dan silaturahmi kita bersama,” tutup Buyung.

Para karyawan/ti bright PLN Batam peserta Goro dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan titik lokasi pada Goro kali ini, yaitu didekat gerbang masuk PLTD Batu Ampar, Gedung Arsip dan Lapangan sekitar penampungan minyak.

Sementara itu Kepala Divisi Departemen K3 bright PLN Batam, Alibeta Sembiring mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan.

 “Untuk tahun 2018 ini akan kita laksanakan secara roadshow dan rutin setiap bulan pada lokasi yang berbeda-beda. Momen ini juga dapat kita jadikan ajang untuk sosialisasi budaya safety dalam lingkungan kerja. Hal ini penting sekali mengingat Budaya K3 sangat bermanfaat jika diterapkan dalam setiap pekerjaan dan juga menjadi perhatian serius dari manajemen dan stakeholder dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja,” jelasnya.

Ali juga menghimbau dan minta bantuan masyarakat apabila menemukan jaringan atau aset bright PLN Batam yang tidak menurut semestinya untuk membantu melaporkannya kepada Kantor Pelayanan terdekat dengan lokasi kejadian.

“Apabila ada dari masyarakat yang melihat ada tiang listrik yang miring atau kabel listrik yang jatuh mohon untuk dilaporkan. Pengecekan secara  rutin tetap kita lakukan, namun terkadang terjadinya gangguan pada jaringan tidak dapat kita prediksi 100 persen,” pungkas Ali.

Sebelum mengakhiri Ali juga mengatakan, aset adalah merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan. Dengan adanya aset yang terjaga dengan baik, tentunya akan menunjang kegiatan operasional perusahaan dapat berlangsung dengan baik.(Ril)