Wednesday, 21 February 2018

Via Medsos Ketua DPRD Nuryanto Ingatkan Disdukcapil Batam Agar Transparan


Ketua DPRD Batam, Nuryanto, SH. (foto: FB)

Dinamika Kepri, Batam - Status media sosial (Medsos) akun Facebook (FB) milik Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, SH yang menuliskan permintaan agar jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam  bisa transparan, viral di media sosial, Rabu (21/2/2018).

Demikian isi tulisannya.

" Jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kota Batam agar lebih transparan mengenai masalah kebutuhan blangko e-KTP ( KTP elektronik ).

Saat Kemendagri datang kebatam pernah mengatakan bahwa tidak ada permasalahan di blangko e-KTP. Tapi kenapa masih ada keluhan masyarakat atas lambatnya pencetakan  e - KTP?" tulis Nuryanto di akun facebooknya.

Sampai sejauh ini saya belum dengar secara resmi penyebabnya apa sehingga pelayanan yang mesti didapat masyarakat, tidak terlayani dengan baik.

Saya meminta agar Disdukcapil lebih transparan mengurusi hal yang bersinggungan langsung dengan masyarakat . Kalau ada kendala, masalahnya dimana?

Solusinya seperti apa ? kalau perlu disampaikan ke DPRD. Saya akan siap membantu memfasilitasi keluhan tersebut, jika memang terkendala terkait blangko.

Persoalan terkait e - KTP ini mesti cepat diselesaikan, karena sifatnya sebagai identitas individu.

Jadi kalau kita kekurangan blangko tinggal koordinasi saja dengan pemerintah pusat.

Menteri Dalam Negeri Bapak Tjahjo Kumolo saat berada dibatam mengatakan menjamin blangko e - KTP tersedia dan aman, Kalau kurang tinggal minta lagi, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki e - KTP.

Beliau juga meminta masyarakat agar segera melakukan perekaman, apalagi sebentar lagi mendekati tahun pemilu, jangan sampai hak pilih masyarakat menjadi hilang karena tidak memiliki e - KTP.

Saya akan merekomendasikan ke Komisi I untuk menindak lanjuti.

Insya Allah jika Amanah masyarakat kita kerjakan dengan kejujuran dan keikhlasan Allah senantiasa pasti akan memberikan jalan".

Tulisan ketua DPRD Batam ini ternyata direspon banyak pihak, terutama masyarakat Batam yang pernah menagalami kesulitan saat mengurus E-KTP.

Bahkan ada juga yang berkomentar agar Ketua DPRD Batam bisa turun langsung melakukan Sidak ke kantor Disdukcapil tersebut sebab blanko sering mengalami kehabisan.

Sampai saat ini, status FB Ketua DPRD Batam ini telah dibanjiri banyak komentar dan telah mendapat 357 tombol suka. (Ril)