Tuesday, 13 February 2018

Puluhan Hektar Hutan di Kawasan Rempang Cate Terbakar


Kondisi hutan setelah kebakaran.
Dinamika Kepri, Batam - Kurang lebih 20 hektar Hutan Mekar di kawasan Jembatan 4, Pulau Rempang, Batam, terbakar.

Kendati sudah 4 hari terbakar, namun sampai saat ini tidak ada instansi manapun yang mengatahuinya, Baik BP Batam, Pemadam Kebakaran maupun dari Polisi Kehutanan.

Ada dugaan ke-3 instansi ini hanya fokus di kota hingga lupa mendeteksi kejadian di hutan.

Menurut warga sekitar, kebakaran hutan terjadi diduga segaja dibakar oleh penggarap untuk membuka lahan baru.

Kondisi hutan setelah terbakar.
" Luas hutan yang terbakar kurang lebih 20 hektar. Dugaan saya ini sengaja dibakar," kata warga sekitar, Selasa (13/2/2018) siang.

Lanjut warga yang tidak mau menyebutkan namanya itu mengatakan, kebakaran hutan sudah 4 hari lalu, namun sampai saat ini masih menyisahkan titik api dan terus merambat ke areal hutan lain.

Tak hanya itu, pantauan media ini saat menuju lokasi kebakaran, di tengah hutan ternyata marak aktivitas ilegal loging sebab di setiap tepi jalan ditemukan banyak tumpukan kayu gelondongan dan kayu olahan. Diduga kebakaran hutan ini sengaja dilakukan pelaku ilegal loging.

Kayu Glondongan hasil ilegal loging.
Di lokasi kebakaran, terlihat api juga masih terus menjalar.

Kebakaran hutan ini diduga tidak terdeteksi oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) karena selain lokasinya jauh kurang lebih jarak 1,5 Kilo Meter (KM) masuk ke tengah hutan, jalan aksesnya juga rusak parah.

Sebelum mengakhiri, kepada pemerintah kota Batam warga tersebut meminta agar titik - titik api di hutan itu, bisa segera dipadamkan untuk menghindari agar kebakaran hutan tidak meluas.

Selain itu warga juga meminta agar penegak hukum dapat segera mengusut siapa pelaku pembakaran hutan tersebut.(Ril)