Tuesday, 20 February 2018

Mantap, Tim Bea Cukai dan Tim Polri Berhasil Amankan 1,6 Ton Sabu Asal Cina


Petugas BC saat periksa muatan kapal pembawa Sabu.
Dinamika Kepri, Batam - Tim Gabungan Satgassus Polri, Direktorat IV Tipidnarkoba, Bea Cukai Pusat dan Bea Cukai Batam, kembali berhasil mengamankan Narkoba jenis Sabu seberat 1,6 ton dari Kapal Ikan berisi Jaring Ketam asal Taiwan bendera Singapura dari perairan Karang Helen Mars, Kepri, Selasa (20/2/2018) pada pukul 2 : 00 Wib pagi.

Barang haram tersebut ditemukan petugas di dalam kapal terkemas dalam 81 karung dengan isi berat perkarung masing-masing kurang lebih berisikan 20 Kilogram (Kg).

Selain mengamankan kapal dan barang bukti Sabu, 4 orang Warga Negara Asing (WNA) asing China anisial Tan Mai (69), Tan Yi (33), Tan Hui selaku Nahkoda (43) dan Liu Yin Hua (63) juga telah ditahan di Pangkalan Bea Cukai Sekupang, Batam, Kepri.
Empat orang WNA pembawa sabu diamankan.
Kapal ini sebelumnya diamankan oleh Tim tindak yang tergabung dalam Kapal Bea Cukai dengan Nomor Lambung BC 2005, setelah itu lalu digiring menuju Pangkalan Bea Cukai Sekupang bersamaan dengan Kapal Bea Cukai 20007 didampingi Tim Bareskrim Polri.

Terhitung, dalam sejarah penangkapan, ini lebih fantastik dari tangkapan AL sebelumnya karena berat Sabu ini mencapai 1,6 Ton.

Ada dugaan penangakapan 1 ton sabu dari kapal Glory oleh AL yang lalu ada hubungan dengan sindikat ini.

Untuk saat ini, pemeriksaan kapal juga masih terus dilakukan oleh petugas.(Ril)