Thursday, 1 February 2018

Jalin Sinergitas, Kapolda Kepri Berkunjung ke Mako Lantamal IV

 


Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, tengah memantau aktivitas kapal laut lewat teropong di RKU milik Lantamal.

Tanjungpinang, Dinamika Kepri - Guna untuk menjalin sinergitas antara TNI dan Polri,  Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH melakukan Kunjungan Kerja (Kunker)  ke Mako Lantamal IV Tanjungpinang,  Kamis,  (1/2/2018).

Kedatangan Kapolda Kepri ke Mako Lantamal IV ini, disambut langsung oleh Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE, MM beserta seluruh pejabat utama dilingkungan Lantamal IV dengan ala penyambutan tamu khas TNI AL bagi perwira tinggi (Vallreef).

Atas sambutan yang begitu hormat,  Kapolda Kepri menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Danlantamal.

Usai penyambutan, Danlantamal lalu mengajak Kapolda berkeliling untuk melihat kantor Ruang Kendali Utama (RKU)  Pusat Komando dan Pengendalian bagi Lantamal IV dalam hal kinerja keamanan di Laut.

RKU ini juga dilengkapi alat deteksi AIS yakni alat untuk mengetahui ukuran kapal laut, jenis, negara, gros tonase dan barang di kapal dapat dideteksi.

Selanjutnya pada saat tatap muka dengan personel Lantamal IV di GSG Yos Sudarso, Kapolda menyampaikan bahwa kegiatan kujungannya ke Lantamal IV adalah bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara TNI dan Polri.

"Kunjungan kerja ini untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara TNI dan Polri, karena sinergitas TNI dan Polri dapat memberikan semangat bagi masyarakat untuk bersinergi dalam pelaksanaan kerja, operasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban,  serta untuk membangun solidaritas yang kuat dalam keutuhan NKRI," kata Kapolda Kepri.

Danlantamal IV, R. Eko Suyatno juga menyampaikan bahwa pelaksanaan tugas fungsi si Lantamal IV berjalan sesuai rencana program.

"Tugas fungsi Lantamal IV berjalan sesuai program rencana pembinaan kemampuan Duklog dan administrasi Lantamal, bisa dicoba dengan Sarpras dan berada dijalur pelayaran internasional yang ada di dunia, seperti Selat Malaka, Singapura, dan Natuna yang berbatasan langsung dengan Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Lantamal juga melakukan koordinasi dengan intansi terkait dalam membantu SAR di laut, penanggulangan bencana alam dan pelaksanaan operasi keamanan laut dalam lingkup penegakan kedaulatan dan hukum di laut," kata R.Eko Suyatno.

Setelah itu, usai menyampaikan tujuan kunjungan dan penjelasan tentang perkembangan Lantamal IV,  pertemuan ini lalu duakhiri dengan foti bersama dan saling memberikan cenderamata sebagai wujud Sinergitas dan Soliditas antara TNI dan Polri. (Ril)