Saturday, 6 January 2018

X-Ray Rusak, Ribuan Penumpang Akhirnya Lolos dari Pemeriksaan Barang Bawaan


Suasana pintu kedatangan Pelabuhan Domistik Sekupang, Batam. Tampak X-Ray (kiri) tidak lagi digunakan oleh petugas pelabuhan.

Batam, Dinamika Kepri - Alat pemeriksa barang penumpang (X-Ray) di pintu kedatangan pelabuhan Domistik Sekupang Batam, tampak tidak lagi digunakan oleh  petugas Pelabuhan dari BP Batam, akibatnya ribuan penumpang yang masuk ke Batam, lolos dari pemeriksaan, Sabtu, (6/1/2018) sore.

Katanya rusak, padahal X-Ray tersebut kegunaannya sangat penting untuk memeriksa setiap barang bawaan penumpang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

X-Ray tersebut kini tampak seperti pajangan untuk penghias ruangan.

Jikapun C-Ray rusak, setidaknya petugas bisa melakukan pemeriksaan dengan cara manual, namun tidak ada yang melakukannya.

Pertanyaannya, apakah semua barang penumpang yang masuk ke Batam bisa dijamin tidak membawa barang-barang yang melanggar hukum?

Ada dugaan, moment seperti ini ada yang telah memamfaatkannya.

Menanggapi X-Ray tidak lagi digunakan di pelabuhan Domistik Sekupang, Kabid Brantas dan Penindakan BNNP Kepri AKBP Bubung Pramiadi mengatakan itu harus digunakan karena setiap barang penumpang yang masuk ke Batam, haruslah diperiksa.

"Harusnya X-Ray itu digunakan. Setiap barang penumpang harus diperiksa. Intinya bukan Narkoba saja yang harus dikwatirkan, mungkin saja ada penumpang membawa senjata api(Senpi), benda tajam atau benda-benda lain yang bisa membahayakan. Menurut saya, X-Ray di pelabuhan itu, harus digunakan karena itu sangat penting," ujar Bubung via ponselnya kepada awak media ini saat dimintai tanggapannya.

Masih di sekitaran pelabuhan, untuk mencari kebenarannya apakah rusak atau sengaja tidak difungsikan, kepada media ini seorang petugas BP Batam yang bertugas di pelabuhan Domistik bernama Irwan mengatakan, bahwa X-ray tersebut saat ini sedang kondisi rusak.

" X-Ray itu rusak, makanya sampai sekarang tidak digunakan. Oh..Itu asetnya BP Batam fasilitas untuk Bea Cukai. Saya juga kurang tahu kenapa tak kunjung diperbaiki, mungkin anggarannya belum ada kali, namanya milik penerintah, ya begitulah," kata Irwan.

Dikatakan Irwan itu asetnya BP Batam, ketika dikonfirmasi kepada Direktur Humas dan Promosi BP Batam Purnomo Andiantono kepada media ini, ia membenarkannya.

"Benar, X-Ray itu asetnya BP Batam. Tapi untuk saat ini kondisinya masih rusak, namun waktu dekat ini akan segera diperbaiki karena orderdilnya masih proses pemesanan," terang Purnomo Andiantono.

Pelabuhan Domistik Sekupang adalah satu pelabuhan pintu utama masuk orang ke Batam. Tak kurang dari ribuan orang setiap harinya keluar masuk melalui Pelabuhan ini.

Ironisnya, jika pelabuhan ini tidak dijaga ketat, maka kedepan dampaknya pasti akan sulit diatasi.(Ag)