Wednesday, 31 January 2018

Soal Bangunan Pasar Tiban Kampung, Kontraktor : Itu sudah diserahkan ke Pemko Batam

 

Bangunan pasar tradisional permanen Kelurahan Tiban Kampung.

Batam, Dinamika Kepri - Bangunan pasar tradisional permanen Kelurahan Tiban Kampung Sekupang yang dibangun oleh CV.Sonica Jaya di tahun 2016 dengan hasilnya tidak maksimal, ternyata sudah diserahterimakan kepada Pemko Batam melalui dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kota Batam.

"Bangunan pasar itu sudah diserahterimakan ke Pemko Batam melalui Disperindag ESDM Kota Batam, kalau tak salah itu saya lakukan di tahun 2016 yang lalu," terang Apeng Direktur CV.Sonica Jaya kepada media ini melalui ponsel celularnya, Rabu (31/1/2018) sore.

Lanjut Apeng menjelaskan, Bagunan pasar itu sudah selesai, dan tidak ada masalah lagi sangkut paut dengan pihaknya.

Bangunan pasar tersebut memang sudah selesai dibangun, namun sampai saat ini sudah 1 tahun lebih, belum juga difungsikan sebagaimana mestinya karena terdapat banyak kerusakan.

Kondisi Bangunan pasar tradisional permanen Kelurahan Tiban Kampung.
Ada dugaan bangunan pasar ini telah dijadikan sebagai proyek berkelanjutan agar proyek untuk menghabiskan PAD kota Batam, tetap ada sebab warga yang tinggal di sekitar bangunan pasar itu menuturkan, Pemko Batam akan kembali membangunnya dengan membuatkan meja-meja tempat dagangan basah di dalam lokasi bangunan. 

"Informasinya Pemko Batam mau membuatkan meja-meja dagangan basah di dalamnya, itu buktinya sudah digarisin, cuma masalahnya tidak tahu kapan akan dibangun,  sudah 1 tahun lebih begini kondisinya ," ujar warga.

Lokasi pasar ini juga dinilai tidak layak karena berhadapan langsung dengan belakang rumah warga. Tak hanya itu, lantai bangunananya pun saat ini, sudah retak-retak.

Melihat tidak kunjung dimamfaatkan, bangunan pasar senilai Rp 1,2 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat tahun 2015 itu, akhirnya dimaamfaatkan warga sekitar menjadi tempat parkir kendaraan.

Aneh bin ajaib memang, walau bangunan pasar ini hasilnya tidak maksimal alias berantakan, namun pihak Disperindag ESDM kota Batam, berani menerimanya.

Mengenai kebenaran apakah bangunan pasar tersebut sudah diserahterimakan CV.Sonica Jaya ke Pemko Batam seperti yang disampaikan Apeng, saat dikonfirmasi, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menjawab belum mengetahuinya.

"Nanti saya cek dulu ya..!," jawab Amsakar. (Ag)