Saturday, 6 January 2018

Setelah Dua Hari Digelar, Acara Rekonsiliasi Internal Semester II Tahun 2017 di Lantamal IV Berakhir


Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE saat memberikan kata pesan di acara penutupan Rekonsiliasi Internal Semester II Tahun 2017 di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Jumat, (5/1/2018).

Tanjungpinang, Dinamika Kepri - Pelaksanaan Rekonsiliasi Internal Semester II Tahun 2017 yang digelar Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) selama dua hari di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, akhirnya dinyatakan berakhir setelah acara ditutup oleh Kepala Diskual (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Djoko Erwan Prihatmoko, M.Tr. (Han), Jumat, (5/1/2018).

Kadiskual dalam kesempatan tersebut antar lain mengatakan, bahwa Rekonsiliasi yang baru saja dilaksanakan tersebut diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas penyusunan laporan keuangan UO TNI Angkatan Laut semester II TA. 2017 dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Sehubungan dengan itu, Kadiskual juga memberikan beberapa penekanan kepada seluruh peserta diantaranya hasil Rekonsiliasi Internal itu kiranya dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan laporan keuangan di tingkat satuan kerja.

"Lakukan secara transparan dan akuntabel. Mari jadikan hasil rekonsiliasi ini sebagai dasar dalam penyusunan laporan keuangan ditingkat satuan kerja. Jika ada permasalahan yang ditemukan, khususnya perbedaan data BMN antara SAIBA dan SIMAK BMN maupun permasalahan lainnya yang berhubungan dengan laporan keuangan, hendaknya segera dilakukan perbaikan. Tingkatkan koordinasi antara pengawak SAIBA dan pengawak SIMAK BMN serta bagian terkait dalam rangka penyusunan laporan keuangan. Dokumentasikan hasil rekonsiliasi internal secara baik, dan laksanakan serta tepati waktu penyusunan/penyampaian keuangan sesuai dengan ketentuan," pesan Djoko Erwan Prihatmoko.

Sementara itu, Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE dalam kesempatannya mengatakan harapannya agar kedepannya, kualitas laporan keuangan unit organisasi TNI AL Semester II TA. 2017 di Lantamal IV menjadi lebih baik.

"Dengan telah dilaksanakannya Rekonsiliasi Internal ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang siknifikan guna meningkatkan kualitas laporan keuangan unit organisasi TNI AL Semester II TA. 2017 menjadi baik. Jika pelasksanaan Rekonsiliasi Internal yang telah dilaksanakan menghasilkan data yang valid, maka laporan keuangan ditingkat atasnya juga menjadi valid dan akuntabel, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas laporan keuangan di tingkat Kementerian Pertahanan," ujar Danlantamal IV R. Eko Suyatno.

Penutupan Rekonsiliasi Internal ini juga dihadiri Wadan Lantamal IV, Kadisku Armabar, Para Asisten Danlantamal IV, Kafasharkan Mentigi, Wakabin Rumkital Dr. Midiyato S, Danwing Udara II serta Tim Rekonsilasi dari Diskual. (Ril)