Monday, 15 January 2018

Peringati Hari Dharma Samudera, Jajaran Lantamal IV Tabur Bunga di Laut


Kenang jasa pahlawan di Hari Dharma Samudera,  Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE, MM tabur bunga di laut.

Tanjungpinang, Dinamika Kepri - Seusainya melakukan upacara rangka peringatan Hari Dharma Samudera  di lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No.1, Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepri, bersama jajarannya, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE, MM, melanjutkan kegiatan tabur bungan di laut, Senin (15/12018).

Tidak hanya dihadiri dari unsur TNI AL Lantamal IV, kegiatan tabur bunga di laut ini juga diikuti Asisten I Pemprov Kepri, Danlanud RHF, Kasrem 033/WP dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kepri.

Kegiatan tabur bunga ini dilakukan dari atas Dermaga Yos Sudarso Lantamal IV. Pada kesempatan tabur bunga ini juga hadiri dua orang pelaku sejarah dan tiga orang keluarga pahlawan Laut Aru.

Kegiatan tabur bunga diawali dengan pelemparan karangan bunga oleh Danlantamal IV selanjutnya diikuti dengan tabur bunga di laut yang dilakukan perwakilan FKPD, Ketua dan Pengurus Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada Barat.

Kepala Staf Angkantan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP dalam amanatnya yang sebelumnya dibacakan oleh Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE saat upacara menyatakan, bahwa upacara peringatan tersebut adalah hakikatnya yang merupakan bentuk penghormatan, sekaligus untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 56 tahun silam, dimana telah gugur para pahlawan kusuma bangsa untuk mempertahankan wilayah Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara tersebut pesan Kasal  harus dilakukan setiap tahunnya mengingat pada tanggal 15 Desember 1962 yang lalu, telah terjadi pertempuran di Laut Aru, dimana Komodor Yos Sudarso sebagai senior officer present afloat (SOPA) on board di R.I Matjan Tutul yang tertembak kapal perang Belanda dan tenggelam, gugur bersama awak R.I Majtan Tutul.

Pengorbanan tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan Bangsa Indonesia, oleh karena itu Pemimpin TNI Angkatan Laut menetapkan tanggal 15 Januari sebagai hari Dharma Samudera, demikian dibacakan oleh Danlantamal IV, R. Eko Suyatno.(Ril)