Wednesday, 24 January 2018

Ketua DPP ADO Christiansen Ferary : Transisi Taksi Online Hingga 1 Februari 2018


Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Christiansen Ferary.
Batam, Dinamika Kepri - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Driver Online (ADO) lakukan pertemuan bersama ketua DPRD Batam, membahas tentang masa transisi sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 108 tahun 2017, di I Hotel, Nagoya, Batam, Rabu (24/1/2018).

Permenhub 108 tahun 2017 mengatur tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Christiansen Ferary, selaku ketua Umum DPP, ADO mengungkapkan, telah terjadi salah tafsir oleh pemerintah kota Batam, mengenai masa transisi selama 3 bulan, sebagaimana yang dimaksud pada Permenhub 108 tahun 2017.

Masa transisi yang dimaksud adalah masa tenggang sejak ditetapkanya permenhub 108 tahun 2017, pada 1 November lalu, hingga 1 Februari nanti, tujuanya untuk mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan, tambahnya.

"Bukan melarang beroprasinya taksi online, namun, mempersiapkan syarat administrasi yang diperlukan," katanya.

Di Permenhub 108 tahun 2017, diatur bagi pengemudi taksi online wajib memiliki sim A umum, diwajibkan uji kir, memiliki badan hukum, dan stiker oleh dinas ASK (Angkutan Sewa Khusus)

Ia menjelaskan pada tanggal 1 Februari sampai dengan 14 Februari baru akan dilakukan oprasi simpatik oleh dinas perhubungan maupun pihak kepolisian kepada taksi online.

"Namun masih kepada pemerikasan kelengkapan domument, susuai aturan dari dinas terkait, penilangan baru akan pada 15 februari," ucapnya.

Hasil dari pertemuan tersebut, Christiansen katakan, Cak Nur, akan mendorong pemerintah agar percepat proses perizinan, dan juga dalam waktu dekat ini Cak Nur akan mengagendakan pertemuan bersama Gurbernur Kepri, Nurdin Basirun. (Ril)