Wednesday, 6 December 2017

Tidak Tepati Janji, Imigrasi Batam di Demo Mahasiswa


Kabid Humas Imigrasi Klas I khusus Batam, Irwanto Suhaili saat memberikan jawaban kepada mahasiswa.

Batam, Dinamika Kepri - Didampingi pengurus Gema Kepri, puluhan mahasiswa dari Unrika Batam hari ini sekitar 14 : 25 Wib, kembali melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Imigrasi Klas I khusus Batam, untuk menyampaikan pernyataan sikap mosi tidak percaya kepada kepala Imigrasi Batam, Rabu (6/12/2017).

Kedatangan mahasiswa ini kata orator Tengku April, untuk meminta klarifikasi pertanggungjawaban dari Kepala imigrasi Batam yang mana 3 bulan sebelumnya kepada mereka pernah berjanji akan segera menangani permasalahan orang asing di hotel Kolekta dan akan menindak keberadaan pekerja asing di PT. Smoe, Kabil. Namun sampai saat ini belum dilakukannya hingga jumlah penggangguran di kota Batam terus meningkat.

Selain itu mahasiswa juga meminta agar oknum imigrasi yang diduga telah melakukan Pungli dalam pengurusan Pasport dan pengurusan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dapat segera ditindak.

Tak lama berorasi, Kabid Humas Imigrasi Klas I khusus Batam, Irwanto Suhaili datang menemui pengunjuk rasa. Ia mengatakan untuk saat ini, kepala imigrasi sedang tidak berada di tempat namun ia berjanji akan menyampaikannya aspirasi mahasiswa tersebut kepada atasannya.

Menjawab masih adanya orang asing pencari suaka berkeliaran di Hotel Kolekta, Irwanto menjawab itu bukan kewenenangan Imigrasi Batam lagi.

"Sebelumnya ya, namun setelah PP125 dikeluarkan, pengawasannya dialihkan ke pusat," kata Irwanto Saihili.

Menjawab masih adanya pekerja asing di perusahaan PT. Smoe hingga saat ini, jawab Irwanto, akan ditindak, namun tidak bisa instan karena ada 2 sisi yang harus diperhatikan yakni dari sisi aturan dan sektor pariwisata.

Mendengar jawaban Irwanto Suhaili, pengunjuk rasa pun lalu membubarkan diri dengan tertib.

Aksi ini berjalan singkat, kendati demikian petugas kepolisian dari sektor Batam Kota, terus mengawalnya sampai pengunjuk rasa meninggalkan kantor imigrasi Batam.(Ag)