Tuesday, 12 December 2017

Tahun 2018, BP Batam akan Membangun Data Center Tahap Dua

 

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) BP Batam, Kolonel Laut Yuda Gunadi.

Batam, Dinamika Kepri - Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) BP Batam, Kolonel Laut Yuda Gunadi sekitar pukul 9 : 30 Wib di Kantor IT Center BP Batam, menggelar Coffe Morning Bersama Kepala IT Center Pusat dan Telkomsel Batam, dengan ikut mengundang media, Selasa (12/12/2017) pagi.

Dalam kata sambutannya, Yuda Gunadi mengatakan bahwa sejak tahun 2007 BP Batam sudah membangun data centrenya melalui badan Kementrian Komunikasi dan Informatika (kominfo) disebabkan pada saat itu, pertumbuhan industri di Kota Batam sangat baik. dan untuk saat ini IT Center BP Batam juga telah menjadi Pusat Pelayanan Teknologi Digital Pertama di Kepri.

Sedangkan pada tahun 2018 nanti, pihak BP Batam juga sudah berencana akan membagun data center tahap ke dua berstandar internasional dan diperuntukkan bagi industri.

"Melihat banyaknya pengusaha industri menyimpan datanya di Singapura, makanya kita akan membagun data center tahap ke dua berstandar internasional dan diperuntukkan bagi industri, agar konsep Batam sebagai Intelligence Island, bisa terpenuhi," ucapnya.

Selanjutnya, Kepala IT Center Pusat mengatakan Garuda Sugardo mengatakan, perkembangan informasi dan komunimasi sudah modern saat ini, diperlukan penyimpanan Data dan Informasi berbasis tinggi sesuai kemajuan zaman.

Lanjutnya, saat ini data terbesar yang tersimpan di IT Centre BP Batam adalah data E-KTP, data Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan data Kementrian Perhubungan.

Ia menambahkan, untuk di Indonesia sendiri, saat ini Penyimpanan Data dan Informasi yang berbasis tinggi ada di tiga tempat yaitu di IT Center BP Batam, IT Center BPPT Serpong, IT Center, IT Center Telkom Sigma. (Ril)