Wednesday, 13 December 2017

Soal Pilwagub, Zukriansyah : Harusnya sebelum paripurna, Rembukan dulu dengan puak-puak


Zukriansyah Zukarnain. Foto by: FB

Batam, Dinamika Kepri -  Menanggapi tentang adanya ganjang ganjing penolakan hasil pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, pemerhati sosial dan pengamat politik Kota Batam Zukriansyah Zukarnain mengatakan bahwa proses pemilihan Wagub Kepri yang dilakukan oleh DPRD Provinsi Kepri pada tanggal 7 Desember 2017 yang lalu, adalah suatu kesalahan.

”Dari kaca mata saya, proses pemilihan Wagub Kepri itu adalah kesalahan. Dengan calon tunggal dalam pemilihan, siapapun tahu hasilnya pasti akan aklamasi. Menurut saya sebagai warga yang ber KTP (Kartu Tanda Penduduk) Batam, itu sama saja si calon melawan kotak  kosong. Dimana-mana yang namanya calon tunggal, pasti akan menang aklamasi. Nah jika itu tidak salah, mana mungkin masyarakat teriak-teriak seperti saat ini minta itu dibatalkan dan minta dilakukan pilihan ulang," kata  Zukriansyah kepada awak media ini, Senin, (11/12/2017) malam saat duduk santai di salah satu hotel berbintang di Batam.

Lanjutnya memastikan, saat ini semua masyarakat rata-rata sudah cerdas, bahkan lebih cerdas dari seorang anggota dewan.

“Walau katanya mereka anggota DPRD, belum tentu lebih cerdas dari masyarakat, begitu juga sebaliknya,” kata dia.

Menurutnya lagi, terpilihnya Isdianto menjadi Wagub Kepri dengan cara aklamasi adalah suatu tindakan terburu-buru dilakukan DPRD Provinsi Kepri.

“Pemilihan Wagub Kepri yang dilakukan DPRD Provinsi Kepri, menurut hemat saya, itu seperti terburu-buru, terkesan seperti dipaksakan, ada apa? Harusnya itu dilakukan dengan santai, dirancang dengan baik. Lakukan sesuai aturanya yang berlaku. Lakukan dengan ada dua calon, lakukan rembuk urung dengan para puak-puak, ketua-ketua dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Kepri. Nah jika itu dilakukan, saya yakin hasilnya pasti akan baik.“ kata pria yang akrab di sapa Bang JJ ini.

Tidak mau menanggapi lebih dalam, namun pengusaha salah satu pemilik resort di Batam ini menyampaikan harapannya agar pemilihan Wagub Kepri diulang kembali.

“Agar gonjang ganjing ini tidak berlaru-larut lagi, baiknya hasil pemilihan Wagub tersebut segera dibatalkan dan dilakukan pemilihan ulang agar masyarakat Kepri khususnya Batam bisa tenang, tidak berteriak-teriak lagi seperti saat ini. Lakukan pemilihan ulang. Kita semua masyarakat Kepri, cinta perdamaian, itu saja,” tandasnya.(Ag)