Tuesday, 19 December 2017

Kata Warga, Deddy Tidak Disekap Hanya Dilarang Keluar Rumah


Deddy (baju orange) saat ditanyai oleh petugas.
Batam, Dinamika Kepri - Mendapat informasi ada seorang anak katanya telah disekap di salah satu rumah milik Panti Asuhan Yayasan Mentari Dunia di blok  A No.17-18 Perum Siriaon Indah, Kelurahan Patam Lestsri, Sekupang, bersama Polisi, Dinas Sosial kota Batam dan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Kepri, langsung turun ke alamat untuk meresponnya, Selasa, (19/12/2017).

Sebelumnya diisukan seorang anak bernama Deddy (10) telah disekap oleh pihak Yayasan, namun setelah polisi turun dan menyelidikinya, polisi tidak menemukan adanya bentuk tindak penyekapan ataupun bekas kekerasan terhadap si anak.

Selain itu, Kapolsek Sekupang, Kompol Ijo Fharoji menurut laporannya yang beredar di media sosial WhatsApp (WA) juga menuliskan bahwa berdasarkan dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Kanit Reskrim Polsek Sekupang, Kanit Subdit PPA Polresta Barelang terhadap anak itu, tidak ditemukan adanya tindak penyekapan atau tidak menemukan adanya tindak kekerasan.

Menurut keterangan perangkat RT, RW dan tokoh masyarakat setempat kepada polisi mengatakan, bahwa Deddy di kenal sebagai adalah anak yang aktif dan sering melakukan kenakalan terhadap anak lainnya di Komplek mereka tinggal.

Selain itu, pihak dari Dinas Sosial maupun KPPAD juga tidak mempermasalahkan kejadian yang telah terjadi kepada Deddy, namun dengan sangat meminta pihak Yayasan untuk memperhatikan pengawasan anak-anak panti dan tidak menggunakan kekerasan.

Dinas sosial dan KPPAD juga menilai bahwa pihak Yayasan telah memenuhi kebutuhan dari anak-anak.

Berdasarkan hasil konseling penyidik ternyata Deddy  sangat nyaman berada di Yayasan itu. Namun penyidik juga menyarankan agar pemilik Yayasan untuk segera memeriksakan Deddy ke psikologi.

Pada Selasa (19/12/) malam kepada awak media ini, salah satu warga setempat mengatakan kalau Deddy tak pernah disekap oleh pemilik Yayasan seperti yang diisukan.

"Informasi itu tidak benar, Deddy tidak pernah disekap, hanya dilarang keluar rumah saja. Anak itu kalau keluar rumah memang selalu nakal kepada teman sebayanya. Dia suka mukulin temannya, makanya dia dilarang main keluar rumah oleh yang punya yayasan. Dia juga kalau keluar rumah sering keluyuran jauh sampai tak ingat pulang," katanya memastikan.

Pantuan, Yayasan Mentari Dunia adalah Panti Asuhan yang mengasuh anak kebanyakan berasal dari Papua. Sebagian anak yang diasuh itu terlihat bersekolah di Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 di Patam Lestari Kecamatan Sekupang.(Ag)