Friday, 22 December 2017

Kapolda Kepri : Hari Ibu Harus Dilakukan Setiap Tahunnya


Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, SH saat memimpin upacara Hari Ibu Ke-89 di lapangan upacara Mapolda Kepri, Jumat, (22/12/2017).

Batam, Dinamika Kepri - Menghargai " Hari Ibu", maka untuk mengenang perjuangan kaum perempuan Indonesia, di Batam, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepri, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Didid Widjanardi, SH bersama jajarannya menggelar upacara peringatan hari Ibu, Jumat, (22/12) pagi di lapangan Mapolda Kepri.

Pada upacara bendera memperingati Hari Ibu ke-89 ini, Kapolda mengatakan, upacara bendera peringatan Hari Ibu, setiap tahunnya harus dilakukan.

"Tiap tahun Hari Ibu harus dilakukan dengan cara upacara bendera, karena tekad dan perjuangan kaum perempuan telah mewujudkan kemerdekaan yang dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan indonesia," kata Kapolda saat membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Lanjut Kopolda, hari Ibu adalah hari moment penting sebab deklarasi pertama kongres perempuan Indonesia tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta adalah peristiwa sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia baik di dalam maupun luar Negeri.


Sambungnya lagi, komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya keputusan Presiden RI Nomor 316 Tahun 1959 yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari ibu sekaligus Hari Nasional bukan hari libur.

Perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat, keduanya adalah merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan," ujarnya.

Sebelum mengakhiri, Kapolda menambahkan bahwa momentum hari ibu juga harus dijadikan sebagai refleksi dan renungan tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan karena perjalanan panjang selama 89 tahun, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di indonesia.(Ril)