Monday, 4 December 2017

Kapal Rumah Sakit Milik TNI AL Layani 2.886 Orang Masyarakat Pulau Weh


Sabang, Dinamika Kepri - Satuan tugas (Satgas) Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 TNI AL mulai melaksanakan misih kemanusiaannya di Pulau Weh Sabang sebagai daerah sasaran ke - 4 dalam kegiatan bakti sosial, Senin (4/12/ 2017)

Selama di Sabang, beberapa kegiatan yang sudaha dilaksanakan antara lain, Baksos, Renovasi Musholah Babul R, Penyerahan bahan kontak, Pelayanan kesehatan di KRI dr.Soeharso-990 dan pelayanan kesehatan umum di Fasharkan Sabang, Penyerahan bahan kontak di Gereja GPIB, Penyerahan bahan kontak di TK Pertiwi, Penyerahan bahan kontak di MTs Negeri Sabang, Penyuluhan di Aula Apker Ibnu Sina  dan penyerahan paket pendidikan, Penyuluhan kepada masyarakat di Aula SDN 3, Baksos di Vihara  Budha Sabang,Bhaksos Tribun Playground.

Sementara itu, untuk pelayanan kesehatan yang meliputi pengobatan umum sudah melayani sebanyak 1772 orang, Gigi 190 orang, Poli THT 82, Poli Kulit 61Poli Anak 24, Penyakit dalam 73, Poli Mata/Refraksi 225, Poli Bedah mayor 9, Bedah Minor 16, Katarak 9, Poli Khitan 43, Labolatorium 254, Kebidanan 47, Radiologi/Rontgen 17, Bedah Mayor 9, Beda Minor 16, Katarak 9, dengan jumlah total masyarakat Sabang yang sudah berhasil dilayani yakni sebanyak 2886 orang. Sedangkan untuk Sembako yang disalurkan sudah sebanyak 1011 Paket.

Tidak hanya itu, Dansatgas SBJ ke-66 Kolonel Laut (P) Johanes mengatakan masih ada perlengkapan yang akan disumbangkan yakni paket Sekolah berupa Jam dinding, Black board, White board, Spidol board maker, Spidol permanen, Kapur Tulis, Sapu, Alat Pel Lantai, Pengki serok, Ember, penghapus, sedangkan paket olahraga terdiri dari Bola Kaki, Bola Volley, Bola Takraw, Bola Basket, Raket Badminton, Net Volley, Papan catur, Meja Tenis Meja.

Sedangkan untuk paket sekolah perorangan juga akan diberikan terdiri dari, Baju Sekolah SMP, Bolpoin, Pensil, Penghapus, Crayon, Buku Tulis dan Sepatu Sekolah.

Ada juga paket lainnya yakni Dispencer, Sound System, Microphon, dan untuk paket Rumah Ibadah terdiri dari Karpet Sadjadah, Kipas Angin, Al Quran dan Mukena.

Selain itu, paket untuk para nelayan juga dibagikan yakni berupa Genset portable, Lampu Petromaks, Jaring Ikan, Alat Pancing, Topi Nelayan, Dispencer, Kalender dan Brosur profil TNI AL.

Pelaksanaan SBJ ke-66 diwilayah Sabang tahun tersebut katanya juga sekaligus merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017 dengan sasaran kegiatan berupa perbaikan ringan  sarana prasarana umum, pelayanan kesehatan, penyerahan bahan kontak, penyuluhan kesehatan, hukum dan potensi maritim, Bela Negara serta mempererat hubungan lintas sektoral antara masyarakat, instansi pemerintah daerah  dengan TNI AL.

Lanjut Dansatgas SBJ ke -66 lagi menuturkan, operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya itu adalah merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dalam mewujudkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat serta mewujudkan kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir/pantai dan pulau-pulau terluar dalam rangka membantu mempercepat pembangunan,  sehingga diharapkan dapat membuka peluang usaha dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.

Bahkan sebelum kegiatan SBJ ke-66 dilaksanakan di daerah Sabang panitia SBJ, awalnya juga telah berkoordinasi dengan jajaran Pemda Sabang serta melaksanakan survei dilapangan agar seluruh kegiatan baik pelayanan kesehatan, renovasi sarana/prasarana dan pemberian bahan kontak tepat sasaran, karena apa yang kita laksanakan ini harus dipertanggung jawabkan dalam bentuk laporan ke Komando atas sebagai pertanggung jawaban dengan hasil dokumentasi dilapangan.

Sebelum mengahkiri, Kolonel Laut (P) Johanes juga menambahan bahwa yang tidak kalah pentingnya penyelenggaraan Operasi Surya Bhaskara Jaya ke-66/2017 tersebut adalah kerjasama TNI Angkatan Laut dengan Kementerian Kordinator Maritim, Kementerian Kesehatan,BKKBN dan BPJS serta para donatur dan partisipan yang telah memberikan bantuan berupa bahan kontak seperti peralatan sekolah, Buku-buku pelajaran, sembako, Obat-obatan dan berbagai kebutuan pokok lainya yang di butuhkan masyarakat disetiap daerah sasaran.(Ril)

Tidak hanya Kolonel Laut (P) Johanes, Letkol Laut (P) Alfred D Matthew saat dihubungi di kapal Komandan KRI dr.Soeharso-990, ia menjelaskan bahwa selama berada di Sabang Kapal Rumah Sakit terapung milik TNI AL KRI dr.Soeharso-990 itu, nantinya pihaknya juga akan mengadakan open ship bagi masyarakat.

"Kita masih akan mengadakan open ship bagi masyarakat utamanya bagi anak-anak sekolah yang akan berkunjung ke KRI ini. Kenapa kita melakukan itu, jelas tujuannya sebagai sarana pembelajaran, pengenalan dan edukasi untuk lebih mendekatkan diri antara TNI AL dengan masyarakat yang berada di pulau-pulau terluar," ujar Letkol Laut (P) Alfred D Matthew, optimis.

Selain itu yang tak kalah menarik dari acara itu yakni antusias masyarakat Sabang yang begitu besar apalagi setelah melihat 2 unit Heli bertengger di atas geladak kapal itu.

Tak mau ketinggalan moment berharga, masyarakat akhirnya memilih dan menjadikan kedua Heli itu menjadi latar belakang ajang selfie - selfienya.

Peminat selfie begitu banyak hingga kerumunan orang terjadi di area Dermaga milik Lanal Sabang itu. (Ril/Josdy)