Monday, 20 November 2017

Menko Maritim Lepas Satgas Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya Ke-66


Menteri Koordinator Maritim (Menkomaritim) Luhut Binsar Panjaitan, saat melakukan pemeriksaan barisan.

Jakarta, Dinamika Kepri - Menteri Koordinator Maritim (Menkomaritim) Luhut Binsar Panjaitan melepas secara resmi Satuan Tugas (Satgas)  Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 dalam rangka Sail Sabang Tahun 2017 berlangsung di Dermaga JICT-2 Tanjung Priok Jakarta, Senin (20/11/2017).

Usai melaksanakan upacara pemberangkatan Rombongan Menkomaritim didampingi Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP Menkomaritim melaksanakan peninjauan KRI Bima Suci dan KRI Banda Aceh untuk melihat dari dekat Kesiapan Satgas, sekaligus meninjau bahan kontak yang akan didistribusikan oleh Satgas SBJ ke-66 2017 yang telah tertata rapi di bawah Tank Deck KRI dr.Soeharso-990,KRI Banda Aceh selanjutnya akan disalurkan ke enam daerah sasaran.

Bertindak selaku Komandan Satuan Tugas (Satgas) SBJ ke-66 kali ini dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Johanes sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Amfhibi (Dansatfib) Koarmabar, bersama 352 Prajurit TNI AL akan melaksanakan misih sosial di 6 daerah terpencil antara lain, Pariaman, Pulau Banyak, Simeulue, Sabang, Krueg Geukeuh dan Langsa.

Satgas SBJ ke-66 2017 melibatkan satu Kapal Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990 dan satu Helikopter dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda, Surabaya.

Personil gabungan dari Satuan Kapal Amfhibi Koarmabar, Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal), RS AL, Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar), Dinas Hukum (Diskum), Dinas Penerangan, Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska), Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmabar, Disminpers Armabar, Disinfolahta Armabar.

Selama 20 hari Satgas Kemanusiaan SBJ ke 66 2017 akan menyingahi 6 daerah sasaran akan melaksanakan Pelayanan Kesehatan, Perbaikan sarana dan prasarana sekolah, tempat ibadah Masdjid, Gereja, Vihara, Penyerahan barang kontak kepada Nelayan, Anak-anak sekolah, Masyarakat, Penyuluhan Bela Negara, Hukum, Kesehatan, Hiburan pentas musik dan Pemutaran Film. Selain itu, disetiap daerah sasaran akan dilaksanakan Open Ship KRI dr.Soeharso-990.

Beberapa bahan kontak yang akan disumbangkan antara lain Paket Khitan, Paket Perlengkapan Nelayan, Paket pendukung kesehatan anak, Paket Sembako, Paket Sekolah, Paket Olahraga semuanya akan disumbangkan kepada masyarakat disetiap daerah sasaran.

Sementara itu untuk pelayanan kesehatan yang akan dilaksanakan oleh Satgas antara lain meliputi Pelayanan umum, Gigi, Bedah Minor, Bedah Mayor, Khitan, Bibir Sumbing, Katarak, Mow/Mop.

Selain itu, beberapa kasus penyakit yang tidak dapat dilakukan operasi di darat akan dilaksanakan di Kapal Rumah Sakit KRI dr.Soeharso-990.(Ril)