Thursday, 30 November 2017

Irjen Pol Sam Budigusdian Serahkan Tongkat Komando Kepada Irjen Pol Didid Widjanardi

 

Kapolda Kepri baru, Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH, Irjen Pol  Drs.Sam Budigusdian,MH dan Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah melakukan salam komando usai acara Farewell Parade di Polda Kepri, Kamis
(30/11/2017).

Batam, Dinamika Kepri - Usai melakukan prosesi penyambutan Kapolda Kepri yang baru serta penyampaikan laporan kesatuan, disaksikan Wakapolda Kepri, Ketua Bhayangkari Daerah beserta pengurus Bhayangkari daerah Kepulauan Riau, Para Pejabat Utama Polda Kepri, Ketua Bhayangkari cabang se-daerah Kepulauan Riau, serta para perwira, Bintara, dan pegawai negeri sipil Polda Kepri, dalam acara Farewell Parade, mantan Kapolda Kepri Irjen Pol  Drs.Sam Budigusdian,MH lalu menyerahkan tongkat komando dan bendera kepada Kapolda Kepri baru, Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH, Kamis (30/11/2017) siang.

Acara Farewell Parade yang dilakukan dilapangan upacara Polda Kepri sekitar pukul 13.30 Wib ini, juga terlihat sangat bersahaja dan penuh keakraban.

Dalam amanatnya, Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH menyampaikan bahwa serah terima yang dilakukannya itu baginya memiliki arti tersendiri yang sangat strategis.

"Serah terima ini saya pandang memiliki arti yang sangat strategis mengingat Polda Kepri adalah merupakan institusi yang mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara Kamtibmas, dimana posisi wilayah ini  secara geografis sangatlah strategis, diapit oleh tiga negara tetangga serta dilalui oleh dua selat perdagangan dunia ditambah pula dengan jumlah pulau-pulau yang tersebar demikian banyak, yang implikasi terhadap tingkat kerawanan gangguan kamtibmas yang sangat khas bila dibandingkan dengan daerah kepolisian lainnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas," kata Sam yang akan pindah tugas ke Lemhanas RI ini.

Lanjutnya, disamping itu wilayah di Propinsi ini telah diberlakukan sebagai  daerah perdagangan bebas (Free Trade Zone). Hal ini tentu akan  memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah ini, namun tentunya juga akan memberikan dampak terhadap meningkatnya kerawanan kamtibmas sebagai konsekuensi dari pada pemberlakuan FTZ di wilayah ini.

Dengan Estafet kepemimpinan ini saya berharap tetap terjaga kesinambungan serta keselarasan berbagai kebijakan Program Promoter Kapolri yang telah, sedang dan akan terus berjalan dalam upaya menuju polri yang profesional, bermoral, modern dan dipercaya  masyarakat. Realisasi dari komitmen ini telah kita wujudkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian.

Sejalan dengan itu, telah ditetapkan pula program revitalisasi polri menuju pelayanan prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat sebagai jawaban untuk mengoptimalkan pencapaian kinerja polri sebagai  langkah konkrit dalam proses perubahan kultur menuju peningkatan kualitas kinerja polri yang profesional. sampai saat ini situasi Kamtibmas di wilayah Hukum Polda Kerpi relatif kondusif.

Hal ini tidak terlepas dari peran serta seluruh jajaran polda kepri dan kerjasama serta dukungan instansi pemerintahan baik sipil maupun militer termasuk termasuk pula didalamnya partisipasi seluruh lapisan masyarakat di wilayah Propinsi Kepulauan Riau.

Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, saya selaku pribadi, dan atas nama keluarga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personil Polda Kepulauan Riau dan seluruh jajaran atas dukungan dan partisipasi aktif didalam melaksanakan program-program yang telah kita sepakati bersama.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, patut kiranya saya mengucapkan selamat kepada Irjen Pol. Drs. Didid Widjanardi, SHuntuk menjalankan amanah sebagai Kapolda Kepulauan Riau. Kredibilitas dan Integritas serta Komitmen saudara selama ini tidak pernah diragukan untuk melanjutkan berbagai kebijakan dan Program Promoter Polri guna membangun dan  membenahi Polri.

Oleh karenanya, saya berharap kepada seluruh jajaran Kepolisian Daerah Kepulauan Riau untuk semakin memantapkan komitmen dan soliditas serta profesionalitas kita dalam menghadapi berbagai tantangan yang semakin berat dan kompleks serta memberikan pengabdian  yang  terbaik  kepada  Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Selanjutnya dalam Amanat Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH,menyampaikan bahwa kepemimpinan Polda Kepri telah saya terima dariIrjen Pol. Sam Budigusdian, MHDi Mabes Polri.Serah terima jabatan yang saat ini merupakan suatu kebutuhan, bahkan keharusan dalam sebuah organisasi untuk menjaga dinamika organisasi agar tetap dapat menyesuaikan dengan dinamika masyarakat dan tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks.

Selain itu, juga merupakan proses regenerasi kepemimpinan sebagai langkah strategis untuk menjaring dan menentukan seorang pemimpin melalui penilaian dan evaluasi secara sistemik dan komprehensif terhadap kompetensi, kapabilitas, dan profesionalitas dengan tetap mempertimbangkan komitmen dan integritasnya dalam menjalankan fungsi Leadership, sebagai bentuk implementasi dari merit system dalam pembinaan karier polri.

Hal ini perlu saya sampaikan agar dapat dipahami  dengan  baik  oleh  seluruh  Personil Polda Kepri dalam menyikapi berbagai kebijakan pimpinan baik dalam bidang pembinaan maupun operasional, sehingga dapat Menumbuhkan Semangat Pengabdian Yang TinggiDan Berlomba Mengukir Prestasipada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada kepentingan tugas dan pemenuhan harapan masyarakat.

Pada  kesempatan  yang  berbahagia  ini, patut kiranya saya dan jajaran polda kepri  mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada Irjen Pol. Sam Budigusdian, MH atas kiprah pengabdian  jenderal selama ini, yang tentunya sangat berarti bagi masyarakat Kepulauan Riau.

Berbagai langkah  kebijakan yang positif  menjadi  acuan  bagi kami dalam melanjutkan   proses kepemimpinan serta dalam  mengelola kesatuan Polda Kepri ini. Saya  yakin  bahwa  dengan profesionalitas, kompetensi dan pengalaman penugasan yang dimiliki, serta  dilandasi oleh komitmen, tekad dan integritas moral yang tinggi jenderal akan mampu mengemban tugas di tempat yang baru.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian juga berpesan, pintanya agar seluruh Jajaran Polda Kepri dapat meningkatkan kinerjanya.

"Saya berharap kepada seluruh Jajaran Polda Kepulauan Riau untuk meningkatkan kinerjanya semaksimal mungkin dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks, jalin kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat Polda Kepri dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Demikian amanat saya, semoga ALLAH SWT, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk nya kepada kita sekalian, dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa, dan negara," pesannya.


Setelah itu, acara Farewell Parade lalu diakhiri dengan acara pelepasan Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH beserta istri, dilepas secara simbolis dengan tradisi pelepasan pedang pora dan memberikan salam perpisahan bagi seluruh anggota dan jajarannya. (Ril)