Sunday, 12 November 2017

Dihendel Camat, Perseteruan Warga RT03 Mentarao Terkait Pemilihan RT Mulai Redah


Pekos Simatupang dan Bambang Handoyo saat bersama warga.

Batam, Dinamika Kepri - Kekisruhan hasil pemilihan perangkat ketua RT di RT03/RW10 KSB Mentarao, Patam Lestari, Sekupang - Batam yang sebelumnya digelar dengan cara dadakan oleh panitia pemilihan dan saat itu dimenangkan RT lama oleh Hutagalung, akhirnya saat ini, Sabtu (11/11/2047), gejolak perseteruannya sudah mulai meredah setelah Camat Sekupang, H. Arman langsung yang menghendelnya dengan melakukan pertemuan dengan warga.

Pada hari Selasa malam tanggal 7 November 2017 lalu, Camat Sekupang melakukan pertemuan dengan warga RT03/RW10 KSB Mentarao di gedung serbaguna Kelurahan Patam Lestari.

Baca jugaSoal Kisruh Pemilihan RT03/RW10 KSB Mentarao, H.M.Musofa, SE : Saya tunggu laporannya

Dari  64 undangan yang disebarkan kepada warga, malam itu hanya dihadiri 30 orang. Selain warga, pada pertemuan itu, juga dihadiri perangkat RW10 Kairuddin Mingke, Lurah Patam Lestari Kamaluddin, SE, Camat Sekupang H. Arman, Babinkamtimas dan Personil TNI A-D dari Koramil Sekupang.

Pertemuan itu dilakukan diduga untuk menindaklanjuti laporan ketua panitia pemilihan RT tahap ke-II Bambang Handoyo pertanggal 6 November 2017 ke Camat Sekupang.

Pada hasil pertemuan yang dilakukan oleh Camat saat itu, H. Arman  membatalkan hasil pemilihan yang dimenangkan oleh Hutagalung dan langsung membentuk  kepanitian pemilihan RT yang ke-III.

Baca jugaLurah Patam Lestari : Saya tidak ada kepentingan di pemilihan RT itu

Camat Sekupang menghendelnya permasalahan ini diduga karena Lurah Patam Lestari, Kamaluddin, SE tidak mampu lagi meredam gejolak yang terjadi ditengah masyarakatnya.

Bagaimana tidak , Lurah tersebut diduga tidak bisa lagi membedakan mana masalah individu dan mana masalah hajatan orang banyak (warga=red). Mungkin pikir dia, setiap permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat, bisa selesaikan di warung kopi.

Malam pertemuan itu , Camat Sekupang juga mendesak warga yang hadir untuk segera membentuk kepanitian pemilihan RT yang ke-III agar pemilihan RT03 dapat segera dilakukan.

Kendati saat itu jumlah warga hadir tidak mencapai forum, diketuai Hasibuan, panitia pemilihan RT tahap ke –III pun akhirnya terbentuk. Maka dengan terbentuknya panitia tahap III, secara automatis telah membatalkan SK kepanitian pemilihan RT yang ke-II.

Namun ada dugaan, untuk menyenangkan hatinya Bambang Handoyo yang sempat kecewa lantaran SK kepanitiannya dibatalkan sepihak oleh Lurah tampa ada pemberitahuan, Camat menunjuk lansung Bambang Handoyo sebagai Sekretaris pemilihanpun RT tahap ke –III tersebut.

Menanggapi ada lampau hijau dari anggota komisi I DPRD Batam, H. Muhammad Musofa, SE yang sempat mengatakan melalui media, bahwa  komisi I menunggu  laporan kekisruhan pemilihan RT03  tersebut , Bambang menjawab, akan tetap melaporkannya.

“ Kami akan tetap melaporkannya kejadian ini ke Walikota maupun juga Ke DPRD Batam, hukum tetap akan ditegakan, karena kejadian pemilihan RT pertama itu jelas sudah melanggar ketentuan dari Perwako No 24 Tahun 2017. Kami juga selaku Kepanitian tahap II yang sudah menerima mandat tidak terima dengan adanya pembatalan SK sepihak dari Lurah. Masalah terbentuknya kepanitian baru, itu tidak ada masalah, birlah itu tetap berlanjut. Namun hal ini tetap dilaporkan ke Walikota dan DPRD agar kedepannya jadi pembelajaran.  Dan bagi siapapun yang terpilih menjadi menjadi RT nantinya juga sah-sah saja asalkan dilakukan dengan cara aturan. Yang mau ikut mencalonkan silakan, tidak ada yang melarang,” tegas Bambang.

Menanggapi pernyataan dari H. Muhammad Musofa, SE, ditempat terpisah, selaku tokoh Masyarakat setempat di RT03/RW10 KSB Mentarao, Pekos Simatupang mengatakan baiknya dipending saja.

Foto copyan SK Lurah Patam Lestari kepada RT03 pada tahun 2014 salah nama.
“ Terima kasih kepada wakil rakyat kita yang juga telah ikut memantau mepermasalahan ini, namun kalau menurut saya baiknya dipending saja, karena sesuai pertemuan pada pada tanggal 7 November 2017 lalu di gedung serbaguna, Camat juga sudah memberikan solusi agar dilakukan pemilihan ulang. Jadi saya rasa tidak  perlu lagi masalah tersebut sampai ke DPRD, bagaimanapun  kita sebagai warga yang baik, harus menghargai solusi yang telah diberikan oleh Camat Sekupang. Jadi mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai hai itu,” ucap Pekos Simatupang.

Menanggapi SK Lurah Patam Lesatari , Kpts.141 1285/1008/2004 pertanggal 02 Oktober 2014  yang salah nama dimana mencantumkan A.Manullang sebagai Ketua RT03/RW10 ditandatangani oleh Kamaluddin, SE, Pekos Simatupang mengatakan, itu urusan Lurah.

“Itu urusan Lurah dan baiknya tanyakan saja kepada Pak Lurah kenapa itu bisa salah nama, setahu saya, untuk periode 2014-2017 RT03 itu Hutagalung bukan A. Manullang, tapi kenapa bisa salah nama gitu ya? ada-ada saja pak lurah kita itu,” ucap Pekos mengakhiri.(Ag)