Monday, 6 November 2017

Danlantamal IV Ajari Penumpang Cara Pakai Life Jacket Yang Benar


Tanjungpinang, Dinamika Kepri - Kepedulian Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama R. Eko Suyatno SE terhadap keselamatan berlayar bagi masyarakat pengguna laut di Kepri, ternyata sangat tinggi, dimana hal itu ditunjukannya saat memakaikan life Jacket kepada salah satu Anak Buah Kapal (ABK) dan cara memakai Life Jacket yang benar kepada seorang penumpang yang hendak melakukan perjalanan laut tujuan Batam, saat di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Senin (6/11/2017).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan acara Program Peduli Keselamatan Pelayaran yang diprakarsai Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) ini, juga dilaksanakan secara serentak bersamaan di seluruh pangkalan di bawah jajarannya.

Program Peduli Keselamatan Berlayar ini tampak di isi dengan beberapa kegiatan yang diantaranya berupa sosialisasi tentang keselamatan berlayar bagi masayarakat pengguna laut.

Kepulauan Riau yang menjadi wilayah kerja Lantamal IV, kegiatan ini dipusatkan di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dan langsung di buka oleh Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE.

Pada kegiatan ini Danlantamal IV mengatakan, baginya kegiatan tersebut adalah suatu kehormatan dan kesempatan yang baik untuk menfasilitasi penyelenggaraan acara sosialisasi itu.

"Moment yang sangat penting khususnya bagi masyarakat pengguna laut yang berada di Provinsi Kepulauan Riau, karena 95% wilayahnya adalah lautan dan transportasi utama baik transportasi manusia maupun barang menggunakan laut. Selain itu kecelakaan di laut yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang sangat banyak sehingga perlu pencerahan kembali melalui kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran," kata R.Eko Suyatno.

Lanjutnya, melalui kegiatan ini diharapkan pula terwujudnya suatu komunikasi, koordinasi, harmonisasi, integrasi dan sinergi antara nelayan dan masyarakat pengguna laut lainya serta pemerintah dalam penanganan permasalahan yang terjadi.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak pemangku kepentingan, bahwa keselamatan pelayaran adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebagai regulator, tetapi juga masyarakat pengguna jasa transportasi laut.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka membina nelayan agar lebih mengerti aturan untuk keselamtan dalam berlayar, semua ini demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat berada di laut.

Selain memakaikan life jacket kepada ABK kapal penumpang, Danlantamal juga menyaksikan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal yang hendak melakukan pelayaran yang dilakukan Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang.

Setelah usai memberikan kata sambutannya, Danlantamal IV juga menyerahkan Buku panduan keselamatan berlayar serta menempelkan stiker nomor-nomor telepon penting yang bisa dihubungi saat mengalami  kejadian di laut.

Selain itu, Danlantamal berjanji, kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran kepada masyarakat pengguna laut, juga akan dilakukan secara bergiliran di seluruh pelabuhan yang berada di Tanjungpinang.

Pada acara peduli keselamatan berlayar ini, juga turut dihadiri oleh Para Asisten Danlantamal IV, Kakuwil, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan dilingkungan Lantamal IV.(Ril)