Wednesday, 15 November 2017

Cegah Banjir, Jeffri Komisi III Usul ke Walikota Untuk Lakukan Sayembara


Komisi III DPRD Batam, H.MHD.Jeffri K Simajuntak, SE.MM.

Batam, Dinamika Kepri - Untuk menciptakan Batam bebas sampah dan banjir, H.MHD. Jeffri K Simajuntak SE.MM dari anggota Komisi III DPRD Batam mengusulkan idenya, kata dia,  Walikota harus membuat sayembara guna mendorong semangat para perangkat RT dan RW di Batam.

"Agar Batam terbebas banjir dan sampah yang berserakan dimana-mana, sudah waktunya Walikota Batam membuat ide baru berupa membuat sayembara kepada para perangkat RT/RW di Batam. Dibuatkan sayembara agar para perangkat RT dan RW bisa termotivasi. Semakin semangat menjalankan fungsinya. Dapat menjaga lingkungannya dari pencemaran sampah guna menghindari kebanjiran. Dilakukan penilaian, bagi RT/RW yang lingkungannya bersih dari sampah dan bebas banjir, harus diberikan nilai lebih, tambahi dana insentifnya, jangan disamakan dengan RT/RW yang tidak produktif," ucap Jeffri Simajuntak kepada awak media ini, Rabu (14/11/2017) sore.

Jeffri juga membenarkan bahwa di Batam saat ini, banyak perangkat RT dan RW yang tidak menjalankan fungsinya sebagai perangkat terdepan ditengah masyarakat.

"Itu memang benar, dan saya juga telah melihatnya. Saat ini di Batam ada banyak orang penyandang jabatan RT/ RW hanya dibuat sebagai formalitas saja. Saya lihat sendiri. Mereka pergi pagi pulang malam tampa memperdulikan warga dan lingkungannya. Ya, kesannya seperti hanya mengharapkan dana insentif saja, tampa melakukan apa-apa. Menurut saya itu saya sangat miris sekali," kata dia.

Selain itu, Jefrri juga menegaskan bahwa dana Insentif yang diterima perangkat RT dan RW selama ini, juga usulan dari DPRD Batam, dan DPRD juga memiliki kewenangan penuh dalam hal itu.

"Dana insentif itu, kami (DPRD Batam=red) yang menentukannya, jika memang tidak berarti, kami juga bisa menghentikannya, namun kita tidaklah seperti itu, harapannya, sebagai perangkat RT/RW yang dipilih warganya, harusnya bisa berbuat, peduli dengan lingkungan, bila perlu buat gotong royong setiap minggu," pesan Jeffri Simajuntak.

Terkait usulan tentang sayembara yang dimaksudkannya ke Walikota Batam, sebelum mengakhiri ia mengatakan optimis dengan hasilnya.

"Jika sayembara itu dilakukan, saya optimis dengan hasilnya. Walau tidak bisa 100 persen hasil yang dicapai, setidaknya sekian persen dapat mengurangi dari kondisi sekarang ini." tutupnya.(Ag)