Thursday, 5 October 2017

Bea Cukai Batam Amankan 8,8 Juta Batang Rokok Merek Luffman


Rokok merek Luffman buatan PT. Fantastik Internasional.

Batam, Dinamika Kepri - Saat melakukan ekspos tangkapan selama kurun wakru 9 bulan di tahun 2017, salah satunya rokok merek Luffman sebanyak 8.887.388 batang, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan KPU Bea Cukai Batam Mujayin mengatakan, bahwa rokok merek Luffman tersebut, bukanlah diproduksi di Batam melainkan hasil produksi dari kota Pasuruan, Jawa Timur.

" Selama ini, rokok inilah yang selalu diberitakan oleh media di Batam. Saya jelaskan, rokok yang diamankan ini bukanlah produksi Batam, tapi hasil produksi dari kota Pasuruan, Jawa Timur. Barang bukti ini jumlahnya ada sebanyak 8.887.388 batang dengan estimasi senilai Rp 4,4 Miliar. Sedangkan untuk modus peredarannya juga cukup unik, awalnya mereka melakukan pengiriman ke Singapura, dari Singapura masuk lagi ke indonesia, setelah itu lalu tersebar ke daerah termasuk Batam. Dari hasil pengembangan yang dilakukan, satu orang petugas BC Batam yang terlibat didalamnya, juga sudah dinonaktifkan," terang Mujayin saat melakukan ekspos hasil tangkapan ke media di lantai III Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam,  Kamis (5/10/2017) sore, .

Rokok Luffman buatan PT. Leadon Internasional.

Dibungkus Rokok Luffman tersebut tercantum nama perusahaan PT Fantastik Internasional. Sepengetahuan banyak awak media, Perusahaan tersebut berlamat di kawasan industri Tunas Industrial Estate Batam Center, tepatnya di depan perusahaan Industri Garment, PT.Ghim Li Indonesia.

Ketika ditanya media ini, apakah pihak BC Batam sudah melakukan atau memastikan kepada perusahaan bahwa tangkapan rokok tersebut dan bukan milik PT. Fantastik, Mujayin yang akan segera pindah tugas ke Riau ini menjawab, bahwa mereka tidak punya kewenangan untuk itu.

"Kami tidak berkewenangan untuk itu. Jika kami melakukan klarifikasi ke perusahaan, tentu itu akan menimbulkan masalah." jawab Mujayin.

Untuk saat ini, tidak diketahui jelas perusahaan mana pemegang hak untuk memproduksi merek Luffman non cukai tersebut, pasalnya rokok merek Luffman yang beredar di Batam saat ini, di bungkus rokok tertera PT. Leadon Internasional Batam, Indonesia, sedangkan rokok yang diamankan BC Batam ini, dibungkusnya tertera PT. Fantastik Internasional dan katanya rokok tersebut diproduksi di Pasuruan, Jawa Timur, sementara PT. Fantastik beralamat di Batam Center.(red)