Monday, 4 September 2017

Masih Soal Limbah B3 PT. Musim Mas, Komisi III Akan Melapor ke KLH

 
{[["☆","★"]]}

Ketua Komisi III DPRD Kota Batam Nyanyang Haris Pratamura.SE saat menerima berkas dari pihak PT. Musim Mas.
Batam, Dinamika Kepri -  Sesuai hasil rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi III DPRD Kota Batam bersama dengan 4 perusahan pengolahan minyak sawit yang ada di Batam, PT. Musim Mas, PT. Ecogreen Oleochemicals  PT. Techno Dua Indonesia dan PT. Synergy Oil Batam, Dinas Lingkungan Hidup (DHL) Kota Batam, dan Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, akhirnya menemukan titik temu yakni sepakat bingung.

Ketua Komisi III DPRD Kota Batam Nyanyang Haris Pratamura.SE berjanji akan meneruskannya kepada Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) ke Jakarta.

"Kalau begitu, kita (Komisi III=red) akan meneruskan permasalahan ini ke KLH, kita juga mau tahu tentang bagaimana sebenarnya penanganan jenis limbah B3 jenis Spent Bleaching Earth (SBE) yang layak sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 101 Tahun 2014. Dan kita akan mencarikan solusinya," kata Nyanyang Haris memastikan, Senin (4/9/2017).

Pantuan media ini, semua yang hadir dalam rapat tampak bingung kecuali anggota komisi III Nono Hadi Siswanto terus menentang segala pembenaran-pembenaran yang diutarakan oleh ke-4 Perusahaan.

Saat sesi tanya jawab dalam rapat (Hearing), Ke-4 perusahaan saling mempertahankan pendapat dan jawaban kebenarannya masing-masing. Bahkan yang parahnya lagi, pihak PT. Musim Mas sangat menyalahkan Pemerintah karena telah mengeluarkan PP 101 Tahun 2014 dengan telah memasukan  limbah jenis Spent Bleaching Earth sebagai limbah jenis Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

"Kita harus berpatokan kepada peraturan yang berlaku di Negara ini, dalam PP 101 Tahun 2014 itu jelas itu dilampirkan bahwa jenis limbah Spent Bleaching Earth (SBE) ada kategori B3, terus apa lagi?," kata Nono Hadi Siswanto (Cak Nono) tegas.

Selain itu, Kapala Dinas DHL Kota Batam Ir. Dendi Purnomo juga ngotot mengatakan bahwa Limbah Spent Bleaching Earth berkode B413 milik PT. Musim Mas yang di buang di TPA Punggur, bukanlah limbah B3 alasannya karena komposisi limbah yang dibuang itu masih di bawah ambang batas dan sama sekali tidak berbahaya.

Terkait lokasi pembuangan limbah PT. Musim Mas di TPA Punggur yang saat ini telah di Police Line oleh KLH, Komisi III juga meminta kepada ke-4 perusahaan itu sementara ini tidak melakukan aktivitas buang limbah ke TPA Punggur, sebelum Police Line di buka dan hasil uji Lap Limbah PT. Musim Mas dikeluarkan oleh KLH.(Ag)

Editor : Agus Budi T